Banjir Ganggu Produksi, Harga Bawang Merah Meroket, Begini Kata Bapanas!

 Banjir Ganggu Produksi, Harga Bawang Merah Meroket, Begini Kata Bapanas!

Banjir Ganggu Produksi, Harga Bawang Merah Meroket, Begini Kata Bapanas!--

PAGARALAMPOS.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyebutkan bahwa kenaikan harga bawang merah yang signifikan belakangan ini disebabkan oleh gangguan produksi di wilayah sentra akibat banjir.

Menurut Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, I Gusti Ketut Astawa, banjir yang melanda sepanjang pantura pada Maret lalu menyebabkan 2.500 hektar lahan bawang merah gagal panen dari total 7.500 hektar yang terdampak di beberapa wilayah, termasuk Brebes, Cirebon, Kendal, Demak, Grobogan, Pati, dan beberapa daerah lainnya.

I Gusti Ketut Astawa menjelaskan, "Kenaikan sebenarnya disebabkan beberapa hal, selain hujan, juga keterbatasan tenaga kerja, ini sedang kita mitigasi sehingga harga akan kembali normal di bulan-bulan berikutnya," dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi pada Senin (22/4).

Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Bapanas, Maino Dwi Hartono, juga menegaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan pasokan bawang merah khususnya ke Pasar Induk Kramat Jati (PIKJ) Jakarta sebagai barometer pasokan dan harga bawang merah nasional.

BACA JUGA:Film Do Revenge Kisah Balas Dendam yang Trending di Netflix, Yuk Simak Sinopsisnya Disini

Pasokan bawang merah akan didistribusikan dari beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.

"Pasokan bawang merah ke PIKJ normalnya 98 ton (90-100 ton). Saat ini sekitar 80 ton. Begitu juga di Pasar Induk Cibitung Bekasi, pasokan sekitar 90 ton dari kondisi normal 120 ton," ungkapnya.

Saat ini, harga bawang merah di PIKJ dan Pasar Induk Cibitung Bekasi telah mencapai Rp50 ribu per kg.

Hal ini menyebabkan harga di pasar turunan atau konsumen mencapai Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per kg.

BACA JUGA:Segera Tayang 30 Mei 2024, Ini Sinopsis Film Temurun

Menurut Badan Pangan, pada awal Mei pasokan bawang merah diharapkan akan kembali normal.

"Seiring panen yang sudah terjadi di Bima, Nganjuk, Solok, Enrekang, dan Bandung Raya. Brebes sudah mulai ada panen tapi belum maksimal," kata I Gusti Ketut Astawa.

Lonjakan Harga di Pasar Eceran

Harga bawang merah di pedagang eceran melambung tinggi mencapai Rp51.680 per kilogram (kg) pada Minggu (21/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: