Kantor Disdukcapil Lahat Ramai Dikunjungi Warga Empat Lawang, Ada Apa? DPRD Segera Panggil Disdukcapil

Kantor Disdukcapil Lahat Ramai Dikunjungi Warga Empat Lawang, Ada Apa? DPRD Segera Panggil Disdukcapil

Kantor Disdukcapil Lahat Ramai Dikunjungi Warga Empat Lawang, Ada Apa? DPRD Segera Panggil Disdukcapil--

PAGARALAMPOS.COM - Kabupaten Lahat menjadi pusat perhatian jelang Pemilukada November 2024 mendatang.

Isu pindah kependudukan yang dilakukan puluhan warga Kabupaten Empat Lawang ke Lahat membuat suasana politik semakin memanas.

Kabar ini mengemuka setelah muncul informasi bahwa banyak warga Empat Lawang yang pindah kependudukan ke Lahat, khususnya jelang perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dikelola oleh KPU Lahat dan PPS oleh Bawaslu Lahat.

Ketegangan semakin meningkat ketika isu ini menunjukkan adanya upaya kelompok tertentu yang berusaha menguasai sistem penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Inspirasi Kotak Serbaguna Elegan untuk Menata Ruang Kerja

Informasi ini semakin memperkuat dugaan bahwa pemindahan kependudukan dilakukan secara kolektif oleh oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lahat.

Proses pemindahan ini diduga memanfaatkan jalur VIP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lahat, sehingga prosesnya berjalan tanpa mengikuti prosedur yang berlaku.

Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Fitrizal Homizi ST, mengungkapkan keprihatinannya terhadap isu ini.

Ia menyatakan bahwa isu pemindahan KTP ini telah menimbulkan kegelisahan di kalangan warga Lahat.

BACA JUGA:Segera Tanam! 5 Tanaman Hias Ini Pembawa Keberuntungan dan Kesejahteraan di 2024

Fitrizal telah menghubungi Kadis Dukcapil Lahat untuk menekankan pentingnya menjalankan tugas secara profesional dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Isu pemindahan KTP ini sudah buat resah warga Lahat. DPRD Lahat sudah menghubungi Kadis Dukcapil Lahat, mengingatkan untuk bekerja profesional sesuai prosedur. Jangan ada perlakuan khusus untuk warga yang ingin masuk ke Lahat, apalagi jika dilakukan secara kolektif dengan adanya tujuan politik," ujar Fitrizal pada Rabu (24/4/2024).

Informasi yang diterima Fitrizal menyebutkan bahwa berkas pemindahan kependudukan dikumpulkan oleh satu oknum ASN Pemkab Lahat.

Hal ini mengindikasikan adanya jalur VIP yang memungkinkan proses pemindahan kependudukan dilakukan dengan lebih cepat dan tanpa hambatan di Disdukcapil Lahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: