Kirain Hanya Indonesia Punya Kapal Selam Tua, Ternyata 3 Negara Ini Masih Operasikan Yang Lebih Uzur

Kirain Hanya Indonesia Punya Kapal Selam Tua, Ternyata 3 Negara Ini Masih Operasikan Yang Lebih Uzur

Foto : Kapal Selam.-Kirain Hanya Indonesia Punya Kapal Selam Tua, Ternyata 3 Negara Ini Masih Operasikan Yang Lebih Uzur-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Hari ini tiga tahun lalu, bertepatan dengan 21 April 2021, menjadi momen duka cita dalam sejarah operasional kapal selam di Indonesia.

53 awak KRI Nanggla 402 gugur setelah kapal selam Type 209/1200 hilang kontak dan tenggelam di perairan utara Bali, yang baru pada lima hari kemudian, posisi kapal selam buatan Jerman itu diketahui.

Kabar tenggelamnya KRI Nanßggala 402 seolah tidak bisa dipercaya, mengingat sebelum itu belum pernah ada berita atau kasus kerusakan kapal selam generasi Type 209 yang diwartakan ke publik.

Saat kabar hilangnya KRI Nanggala 402 diketahui publik, banyak warganet yang dibuat heran, khususnya tentang usia kapal selam yang tak bisa dibilang muda.

BACA JUGA:Mengintip Fasilitas Produksi PT PAL Indonesia, Untuk Pembangunan Kapal Selam Scorpene Evolved

Pasalnya kapal ini diluncurkan dari galangan Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) pada 10 September 1980 dan resmi masuk kedinasan TNI AL pada 21 Oktober 1981.

Namun, perlu dicatat, usia kapal selam tidak bisa menjadi patokan untuk menentukan kemampuan dari kinerja, dengan perawatan yang baik dan upgrade pada komponen-komponen penting, maka usia kapal selam bisa lama dioperasikan.

Ambil contoh, kapal selam Angkatan Laut Taiwan, ROCS Hai Shih, yang kini sudah berusia 75 tahun, dan masih akan dioperasikan setidaknya hingga tahun 2026.

Khusus untuk kapal selam Type 209 yang terbilang laris di pasaran internasional, ada beberapa negara yang masih mengoperasikan kapal selam Type 209 seri ‘lama’ hingga saat ini, seperti Kolombia, Ekuador dan Yunani.

BACA JUGA:Fateh Class Andalan Iran. Begini Keunggulann Kapal Selam Ini

Adalah tiga negara pengguna Type 209 yang usia kapal selamnya lebih tua dari Type 209 yang digunakan TNI AL (Cakra Class).


Foto : Kapal Selam.-Kirain Hanya Indonesia Punya Kapal Selam Tua, Ternyata 3 Negara Ini Masih Operasikan Yang Lebih Uzur-Indomiliter.com

Merangkum dari beberapa sumber, Angkatan Laut Kolombia memberi nama Type 209/1200 sebagai Pijao Class, yang terdiri dari ARC Pijao S-28 dan ARC Tayrona S-29, keduanya resmi dioperasikan AL Kolombia, masing-masing pada 14 April 1975 dan 18 Juli 1975.

Keduanya telah di-upgrade antara tahun 2009 dan 2011 di galangan kapal milik negara COTECMAR dengan asistensi dari HDW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: