Kontra Kian Memanas, Hantam Rudal Balistik Korea Utara, Jet Tempur Stealth F-35A Korsel Luncurkan Bom Pintar G

Kontra Kian Memanas, Hantam Rudal Balistik Korea Utara, Jet Tempur Stealth F-35A Korsel Luncurkan Bom Pintar G

PAGARALAMPOS.COM - Angkatan Udara Korea Selatan – Republic of Korea Air Force (RoKAF) belum lama ini merilis video pendek yang memperlihatkan kemampuan serangan udara presisi dengan jet tempur stealth F-35A Lightning II.

Sebagai sasaran disimulasikan unit rudal balistik Korea Utara yang sedang bergerak dengan ditarik oleh kendaraan tak berawak. Sementara senjata presisi yang dilepaskan dari F-35A adalah bom pintar (smart bomb) GBU-12 Paveway II LGBs (Laser Guided Bombs).

Dalam video terlihat F-35A mendapat kawalan dari jet tempur F-15K Slam Eagle, sementara bom pintar GBU-12 nampak meluncur dari internal weapon bay F-35A.

Sasaran berupa dummy rudal balistik terkena telak dengan hancur berantakan, namun GBU-12 yang digunakan adalah “inert” – alias tanpa hulu ledak.

BACA JUGA:Bikin Ciut Nyali, Korea Utara Luncurkan Hwasong-16B, Rudal Balistik Hipersonik, Targetnya Ternyata Ini

Dalam sekali mengudara, dua unit GBU-12 bersama dengan dua unit rudal udara ke udara AIM-120 AMRAAM dapat dibawa di dalam internal weapon bay F-35. Namun dalam mode non stealth, F-35 dapat membawa tambahan empat unit GBU-12 berikut dua rudal udara ke udara AIM-9X Sidewider dalam konfigurasi eksternal.


Foto : Rudal yang diluncurkan dari pesawat tempur.-Kontra Kian Memanas, Hantam Rudal Balistik Korea Utara, Jet Tempur Stealth F-35A Korsel Luncurkan Bom Pintar GBU-12-Humas Polri

Inti dari GBU-12 adalah dumb bomb MK82 yang punya bobot 227 kg. Namun karena menyandang predikat smart bomb, pada ujung GBU-12 sudah ditambahkan laser guidance kit untuk membaca panduan laser yang mengarah ke sasaran.

Laser guidance kit terintegrasi dengan computer control group di bagian depan sistem bom dan airfoil group yang terletak di bagian belakang.

Dengan sayap yang mengembang di bagian belakang, maka bom tidak langsung jatuh bebas, GBU-12 dapat diarahkan menuju sasaran.

BACA JUGA:AS dan Sekutunya Dibikin Ciut, KORUT Pamerkan HAEIL Torpedo Raksasa Bertenaga Nuklir Mirip Poseidon Rusia

Yang jauhnya 14,8 km dari titik dilepaskan. Sementara tingkat akurasi GBU-12 mencapai 9 meter (Circular Error Probable).

Bom pintar ini cocok untuk melibas sasaran kecil dengan pelindung lapis baja, seperti tank dan ranpur lapis baja lainnya. Meski bukan golongan rudal, harga peer unit GBU-12 juga tak murah, per unitnya ditaksir mencapai US$22 ribu, atau setara Rp292 juta.

Selain GBU-12, keluarga Paveway LGBs juga ada dari varian GBU-16 (450 kg dari platform bom MK83) dan GBU-10 (900 kg dari platform bom MK84).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: