Jejak Legiun Berdarah Afrika dalam Jejak Kekaisaran Romawi Kuno, Ternyata Begini Sejarahnya

Jejak Legiun Berdarah Afrika dalam Jejak Kekaisaran Romawi Kuno, Ternyata Begini Sejarahnya

PAGARALAMPOS.COM - Kehadiran orang berdarah Afrika di Romawi adalah turunan dari pengambilalihan Romawi di awal abad pertengahan (abad ke-6 hingga abad ke-10) sebelum penaklukan Arab di Afrika Utara.

Unit-unit militer Romawi Kuno pada umumnya direkrut dari tempat-tempat tertentu. Banyak dari apa yang diketahui tentang mereka berasal dari nama etnis dari formasi yang berbeda.

"Kebanyakan dari mereka adalah populasi Afrika Utara kuno di Afrika Utara bekas kekuasaan Kekaisaran Romawi Kuno," tulis Farida Dawkins kepada Face 2 Face Africa.

Dawkins menuliskannya dalam artikel yang berjudul Why Africans adopted Roman culture before the Arab conquest in 8th century AD. Artikelnya dipublikasi pada 9 Juni 2018.

BACA JUGA:Sejarahnya Mirip Tembok Besar Riongkok, Begin Muasal Tembok Hadrian Peninggalan Romawi

"Keberadaan orang-orang Afrika tidak lain karena mereka diperbudak dan dibawa ke Roma, serta beberapa kota-kota Eropa lainnya yang saat itu tengah dikuasai kekaisaran," imbuh Dawkins.

Meskipun demikian, mereka tidak mendapatkan diskriminasi atau dibatasi pada jabatan atau pekerjaan tertentu. Sebaliknya, mereka memegang posisi penting di Romawi, seperti Senator atau Kaisar.

Beberapa dari kalangan budak Afrika telah memiliki semangat bertempur dan mengabdi dengan tulus kepada Roma, membuat mereka tak disangsikan kedudukannya di kerajaan.

"Orang-orang Afrika Romawi kebanyakan berasal dari Berber (bangsa kuno dari zaman besi) atau Punisia, atau juga Kartago dan keturunan orang-orang Afrika Utara yang berkembang di Roma," terusnya.

BACA JUGA:Baru Tau, Begini Cara Orang Romawi Bawa Hewan Buas Ke Colosseum

Para keturunan Afrika di Roma berbicara dengan variasi bahasa Latin mereka sendiri dengan pola akulturasi linguistik, dimana mereka memasukkan budaya Romawi ke dalam kebiasaan asli mereka secara asketis.

Selama diduduki Kekaisaran Romawi Kuno, mereka mendiami bagian pesisir di Aljazair timur, Libya barat dan Tunisia. Wilayah ini kemudian dikenal sebagai Ifriqiya (dari kata Afrika), daerah terpencil Afrika dari Kekaisaran Romawi.

"Kemajuan yang direngkuh oleh penduduk Afrika Roma yang mendiami Ifriqiya, mendorong imigrasi besar-besaran Afrika Romawi dari Eropa ke wilayah tersebut," sambungnya.


Foto : Legiun Afrka dalm sejarah romawi Kuno.-Jejak Legiun Berdarah Afrika dalam Jejak Kekaisaran Romawi Kuno, Ternyata Begini Sejarahnya-National geograpjic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: