Dukung Operasional di Medan Papua, Korps Marinir Dibekali Drone Copter Dukung Tugas Intai

Dukung Operasional di Medan Papua, Korps Marinir Dibekali Drone Copter Dukung Tugas Intai

PAGARALAMPOS.COM - Pergerakan prajurit marinir di wilayah Papua akan mendapat kemudahan dengan kehadiran drone copter untuk tugas intai dan meningkatkan kesadaran situasional.

Seperti pada Selasa, 16 April 2024, Dinas Material Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Dissenlekal) menggelar uji coba dua unit sistem drone copter yang nantinya digunakan untuk tugas operasi Korps Marinir sebagai bagian dari Satgas Pengamanan dan Perbatasan (Pamtas) Mobile Indonesia-Papua Nugini 2024.

Ada dua jenis drone copter produksi DJI Technology yang akan dilibatkan untuk mendukung operasional prajurit petarung Korps Baret Ungu. Kedua jenis drone buatan Cina terseburt adalah DJI Enterprise Matrice 350 RTK dan DJI Enterprise Matrice 30 Series.

Dikutip dari siaran pers Dispen Korps Marinir, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen (Mar) Endi Supardi mengatakan pengadaan sistem pesawat tanpa awak oleh Dissenlekal tersebut merupakan upaya TNI AL dalam mengintegrasikan teknologi drone ke operasional Korps Marinir.

BACA JUGA:Armed TNI AD Adopsi Drone Copter Intai Alpha A900 Dari Spanyol, Begini Kecanggihannya

Adapun uji coba drone ini dilakukan untuk mengetahui spesifikasi atau kelebihan mengidentifikasi musuh yang bergerak, berupa kendaraan maupun personel secara menerus dari sudut arah dan lokasi yang telah ditentukan.

DJI Enterprise Matrice 350 RTK

 


Foto : drone.-Dukung Operasional di Medan Papua, Korps Marinir Dibekali Drone Copter Dukung Tugas Intai-Indomiliter.com

DJI Enterprise Matrice 300 RTK adalah sebuah platform drone yang dirancang untuk digunakan dalam berbagai aplikasi industri, termasuk pemetaan, survei, inspeksi, dan penegakan hukum.

Drone ini dilengkapi dengan teknologi RTK (Real-Time Kinematic) yang memungkinkan pencapaian akurasi posisi yang tinggi, hingga sentimeter, yang penting untuk aplikasi yang memerlukan presisi tinggi.

Matrice 300 RTK memiliki kemampuan terbang yang stabil dan tahan angin, serta dapat diintegrasikan dengan berbagai sensor dan kamera untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai situasi.

BACA JUGA:Ilmuwan Cina Kembangkan Drone Kamikaze Camggih, Bisa Membelah Jadi Enam di Udara

Drone ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan dan keandalan yang tinggi, termasuk sistem penghindaran tabrakan, penerbangan ganda, dan kemampuan pendaratan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: