Australia Upgrade Seluruh Armada Boeing P-8A Poseidon, Kontraknya Gila Gilaan Nilainya US$90,1 Juta

Australia Upgrade Seluruh Armada Boeing P-8A Poseidon, Kontraknya Gila Gilaan Nilainya US$90,1 Juta

PAGARALAMPOS.COM - Setelah menerima unit perdana P-8A Poseidon pada 16 November 2016, Departemen Pertahanan Australia belum lama ini mengumkan akan melakukan upgrade secara bertahap pada ke-12 unit P-8A Poseidon yang menjadi aset Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force/RAAF).

Lewat kontrak senilai Aus$139,5 juta (US$90,1 juta), Boeing Defense Australia mendapatkan proyek untuk melakukan upgrade pada perangkat lunak.

Juga sistem peperangan anti-kapal selam, serangan permukaan, kemampuan intelijen, pengawasan dan pengintaian.​

Seperti dikutip dari minister.defence.gov.au, program upgrade ini turut mendukung 50 pekerjaan terampil di industri pertahanan.

BACA JUGA:Digempur Rudal Balistil dan Drone Kamikaze Iran, Boeing 767-300ER Israeli Air Force Tinggalkan Sarangnya

Dua unit pesawat pertama akan menjalani konfigurasi Increment 3 Block 2 capabilities di Jacksonville, Florida, kemudian dengan sisa armada sebanyak 12 pesawat akan diselesaikan oleh Boeing Defense Australia di RAAF Base Edinburgh, Australia Selatan.

Increment 3 Block 2 capabilities pada program upgrade P-8A Poseidon termasuk peningkatan sistem avionik, sensor, komunikasi, dan kemampuan pertahanan pesawat.

Serta integrasi sistem baru seperti sistem penginderaan elektro-optik/inframerah (EO/IR) yang lebih canggih dan kemampuan pengintaian elektromagnetik (ELINT) yang ditingkatkan.

Dengan Increment 3 Block 2 capabilities, P-8A Poseidon dapat lebih efektif dalam misi survei maritim, pencarian dan penyelamatan, dan patroli maritim.

BACA JUGA:Pernah Dilirik Panglima TNI, Mirage 2000-9 Uni Emirat Arab Kini Dipinang Maroko

“Kami memperkirakan peningkatan ini akan melibatkan lebih dari 300.000 jam pekerjaan pemeliharaan selama empat tahun, dengan setiap pesawat membutuhkan waktu sekitar 7,5 bulan untuk penyelesaian,” kata Naomi Smith, direktur operasi pemeliharaan Boeing Defense Australia.

Program ini juga akan memperkuat 250 lebih tenaga kerja yang berbasis di RAAF Edinburgh yang saat ini memberikan layanan pemeliharaan untuk armada P-8A Poseidon.


Foto : Fasilitas Boeing P-4-Australia Upgrade Seluruh Armada Boeing P-8A Poseidon, Kontraknya Gila Gilaan Nilainya US$90,1 Juta-Indomiliter.com

Karyawan baru akan menyelesaikan pelatihan formal di Flight One Academy Australia Selatan, bersama dengan pelatihan kerja, selama dua tahun ke depan sebagai persiapan untuk memulai pengerjaan pesawat pertama pada bulan September 2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: