Mengulik Sejarah Peninggalan Lobang Jepang di Bukittinggi

Mengulik Sejarah Peninggalan Lobang Jepang di Bukittinggi

Mengulik Sejarah Peninggalan Lobang Jepang di Bukittinggi -Foto: net-

Lubang Jepang mulai dikelola menjadi objek wisata sejarah pada tahun 1984, oleh pemerintah kota Bukittinggi.[2] Beberapa pintu masuk ke Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

Pada saat dibuatnya Lubang Japang ini bersamaan dengan adanya Perang Dunia II antara pihak Jepang dengan pihak Sekutu (salah satunya Amerika Serikat). 

BACA JUGA:Sejarah dan Kebudayaan Suku Bangsa Arab di Era Rasulullah

BACA JUGA:Dari Bertukar Barang hingga Transaksi Digital, Begini Sejarah dan Perkembangan Uang

Namun, Lubang Japang ini tidak banyak yang mengetahui bagaimana fungsi Lubang Japang itu yang sesungguhnya karena yang mengetahuinya hanya si pelaku sejarah pada masa itu.

Pembuatan Lubang Japang ini bersamaan dengan adanya peristiwa Perang Asia Timur Raya atau disebut dengan Perang Pasifik, dimana Jepang ingin menguasai Asia dengan melawan negara-negara Barat.

Terjadinya peristiwa Lubang Japang Bukittinggi ini disebabkan adanya Perang Dunia II dan dibuatlah terowongan bawah tanah (Lubang Japang) di Bukittinggi sebagai tempat pertahanan dari Sekutu. 

Perkiraan Jepang merupakan pusat pengendalian perang. 

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Berdirinya Kerajaan Kutai Dari Masa Kejayaan Hingga Runtuhnya Kerajaan Kutai

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kerajaan Kutai Dari Pertama Berdirinya Hingga Masa Runtuhnya Kerajaan

Menurut Hirotada Honjyo salah satu orang Jepang yang merupakan perintah atas instruksi panglima Devisi ke-25 Angkatan Darat Bala Tentara Jepang yang bernama Letjen Moritake Tanabe yang dibayar untuk merencanakan, membuat, dan mengawasi pelaksanaan Lobang Perlindungan yang letaknya di Ngarai Bukittinggi.

Lubang Japang ini dibuat di Bukittinggi tepatnya di Jalan Panorama di Ngarai Sianok Kota Bukittinggi. Dibuat di Bukittinggi karena letaknya sangat strategis sebagai pusat pengendalian Perang Dunia II oleh Jepang.

Terjadinya peristiwa pada Lubang Japang Kota Bukittinggi terjadi karena adanya Perang Asia Timur Raya.

Sehingga untuk melindungi diri dari serangan Sekutu dibuatlah tempat pertahanan perang Jepang.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kerajaan Kutai Dari Pertama Berdirinya Hingga Masa Runtuhnya Kerajaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: