Berusia Uzur, Angkatan Udara Italia Resmi Pensiunkan Jet Tempur Ringan AMX

Berusia Uzur, Angkatan Udara Italia Resmi Pensiunkan Jet Tempur Ringan AMX

Foto.: Pesawat AMX Italia-Berusia Uzur, Angkatan Udara Italia Resmi Pensiunkan Jet Tempur Ringan AMX-Indomiliter.com

AMX milik Italia dikenal sebagai salah satu aset yang paling hemat biaya selama Perang Udara di Libya dan jauh sebelumnya juga digunakan Pasukan Sekutu NATO dalam konflik di Serbia dan Kosovo. Tidak itu saja, AMX ternyata ikut dilibatkan Italia

BACA JUGA:Tau Kah Kamu, Siapa Sosok Srikandi Pilot TNI AU Pertama, Mampu Menerbangkan Pesawat Angkut Hercules C130

dalam operasi di Afganistan dan mendukung Operation Inherent Resolve di Irak dan Suriah dengan dibekali pod pengintai – Reccelite reconnaissance pod.

Italia berusaha untuk memperpanjang usia pakai AMX, yang salah satunya dilakukan dengan program upgrade.

Pada tahun 2012, Alenia Aermacchi (anak perusahaan Leonardo) menyelesaikan peningkatan armada AMX standar ACOL (Upgrade of Operational and Logistic Capabilities – Adeguamento delle Capacità Operative e Logistiche) dengan mengirimkan kembali 52 unit pesawat yang di-upgrade (42 kursi tunggal dan 10 kursi ganda ) ke Angkatan Udara Italia.

BACA JUGA:Sejarah Pesawat Intai EP-3E ARIES AL AS, Jadi Tahanan di Pulau Hainan

AMX yang mendapatkan upgrade memiliki fitur sistem navigasi inersia/GPS (EGI- Embedded GPS/Inersia) dan integrasi persenjataan presisi yang dipandu GPS serta peningkatan avionik pada 42 unit pesawat berkursi tunggal

Yang mencakup New Generation Identification Friend or Foe dan Night Vision Goggle (NVG) capability. Kemampuan NVG AMX ACOL dilengkapi dengan modern multi-function colour display serta more powerful computer symbol generator (CSG). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: