Demi Ukraina, Perancis Rela Dongkrak Enam Kali Lipat Produksi CAESAR 6×6

Demi Ukraina, Perancis Rela Dongkrak Enam Kali Lipat Produksi CAESAR 6×6

BACA JUGA:Ukraina Mendapat Bantuan Bom Pintar Hybrid AASM-250 HAMMER, Berjumlah 600 Unit Dari Perancis

Dari 72 unit CAESAR 6×6 untuk Ukraina, 12 unit di antaranya akan diproduksi berdasarkan anggaran yang didapatkan lewat French Support Fund for Ukraine, sementara pendanaan untuk 60 unit sisanya diharapkan berasal dari para negara sekutu Ukraina.

CAESAR adalah sistem artileri bergerak yang dirancang dan diproduksi oleh Nexter Systems. Dipasang pada truk, memungkinkan mobilitas tinggi melintasi berbagai medan.

Persenjataan utama CAESAR adalah meriam kaliber 155mm/52, yang mampu menembakkan peluru dari jarak 4,5 hingga 40 kilometer.


Foto : Rantis caesar pabrikan perancis.-Demi Ukraina, Perancis Rela Dongkrak Enam Kali Lipat Produksi CAESAR 6×6-Indimiliter.com

Dengan amunisi khusus seperti Extended Range Full Bore (ERFB) dan Velocity Enhanced Artillery Projectile (VLAP), memperluas jangkauannya hingga 42 kilometer.

BACA JUGA:Perancis Kirim Rudal Jelajah SCALP Ke Ukraina Dengan SUV Mewah Audi Q7

CAESAR versi Next Generation (NG) juga dapat dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm untuk pertahanan jarak dekat. Mengenai perlindungan, kabin CAESAR standar tidak menawarkan pelindung.

Namun, sistem ini dapat ditingkatkan untuk memberikan perlindungan balistik tingkat 2 terhadap tembakan senjata ringan dan perlindungan tingkat 2 terhadap ranjau dan alat peledak improvisasi (IED).

CAESAR digunakan oleh beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Perancis, Indonesia, Thailand, dan Ukraina, yang menunjukkan reputasi dan efektivitasnya yang diakui secara internasional. Dengan berat kurang dari 18.000 kg, senjata ini relatif ringan untuk sistem artileri kaliber ini.

Kendaraan ini mampu mencapai kecepatan hingga 90 km per jam di jalan raya dan 50 km per jam di luar jalan raya, sehingga menawarkan mobilitas strategis yang sangat baik.

BACA JUGA:Perancis Order 109 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR MK II NG 6×6,

Dilengkapi dengan aksesoris modern, CAESAR mencakup sistem navigasi inersia yang kompatibel dengan GPS untuk navigasi darat dan peletakan senjata, radar kecepatan moncong, komputer balistik yang dapat disesuaikan dengan Sistem Pengendalian Kebakaran, dan Unit Tenaga Tambahan.

Untuk perawatannya dilengkapi dengan roda cadangan, winch, dan aksesoris lainnya yang menjamin otonomi dan ketahanannya di lapangan.

CAESAR dapat membawa 18 peluru untuk misi langsung dan dirancang untuk dioperasikan oleh awak 3 hingga 5 tentara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: