Perancis Order 109 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR MK II NG 6×6,

Perancis Order 109 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR MK II NG 6×6,

JAKARTA, OAGARALAMPOS.COM - Guna melakukan modernisasi, termasuk mengganti beberapa unit yang telah dikirim ke Ukraina, Badan Pengadaan Pertahanan Perancis – DGA (Direction Générale de l’Armement) belum lama ini telah mengkonfirmasi adanya pesanan baru sejumlah 109 unit.

Dianraranya, self propelled howitzer (SPH) CAESAR 6×6 versi terbaru, yakni CAESAR (Camion Equipe’ d’un Syste’me d’ ARtillerie) 6×6 Mark (MK) II Next Generation (NG), produksi Nexter Systems.

Menurut siaran pers dari KNDS (KMW+Nexter Defense Systems), pengiriman pertama pesanan CAESAR terbaru untuk Perancis diharapkan tiba pada tahun 2026.

Pengadaan ratusan unit CAESAR 6×6 MK II NG diuraikan dalam undang-undang program militer tahun 2024 – 2030. Secara bertahap.

BACA JUGA: Dapat Lampu Hijau Beli 40 Unit F-35A, Yunani Setujui ‘Transfer’ Alutsista Hanud Buatan Rusia Ke Ukraina

CAESAR 6×6 MK II NG akan menggantikan howitzer AUF1 yang sudah tua dan CAESAR 6×6 Mk I yang saat ini digunakan oleh Angkatan Darat Perancis.


Foto : Ranpur yamg dipasang Hendri-Gusti-Pagaralampos.com

Nexter Systems menyebut, ini menandai tonggak sejarah besar bagi artileri Perancis, memberikan mereka kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak diperkenalkannya sistem CAESAR 6×6 pada tahun 2008.

Dalam kontrak juga mencakup dukungan pemeliharaan untuk CAESAR MkII selama dua tahun sejak dioperasikan Angkatan Darat Perancis.

Seperti yang diumumkan oleh Perdana Menteri Jean Castex di Roanne, pengembangan CAESAR Mk II NG dimulai pada bulan Desember 2021,

BACA JUGA:Pakistan Gunakan Trio Alutsista’ Serang Iran JF-17 Thunder, J-10C Vigorous Dragon Dan Drone Wing Loong II

CAESAR 6×6 MK II NG mempertahankan konfigurasi sistem artileri saat ini, yang telah terbukti sukses dalam operasi (lebih dari 100.000 peluru ditembakkan sejak 2009) dan tentunya telah sukses dalam ekspor.

Meski begitu, akan ada upgrade yang menyangkut perlindungan awak dan mobilitas. Untuk itu, Nexter Systems menambahkan proteksi ranjau level 2 dan kabin berlapis baja balistik, tahan terhadap alat peledak improvisasi dan amunisi kaliber kecil.

CAESAR 6X6 MK II dilengkapi dengan mesin baru (460 HP dibandingkan dengan 215 HP sebelumnya), girboks otomatis baru dan sasis baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: