Perancis Order 109 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR MK II NG 6×6,

Perancis Order 109 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR MK II NG 6×6,

Terakhir, CAESAR 6X6 Mark II membawa fire control software versi terbaru, dan kabin disiapkan untuk mengakomodasi radio CONTACT generasi baru, sampai sistem jammer Thales BARAGE juga dapat dipasang pada CAESAR 6×6 Mark II.

BACA JUGA:Singapura Miliki Alutsista Hanud Termodern di Asia Tenggara, Miliki SAMP/T Beramunisi Rudal Aster 30

CAESAR 6X6 MK II mengusung kaliber 155/52mm dengan jarak tembak maksimum 42.000 meter dan jarak tembak minimum 4.500 meter. Kecepatan tembak meriam ini dapat memuntahkan 6 proyektil untuk setiap menitnya.

Hebatnya sistem pemuatan amunisi sudah mengaplikasikan jalur otomatis ala revolver, pengisi tinggal menaruk proyektil ke rak, dan pengisi akan memasukkannya langsung ke dalam kamar peluru.

CAESAR sudah mengadopsi sistem amunisi tanpa selongsong (caseless), alhasil bobot amunisi yang dibawa lebih ringan, dan tentu saja ramah lingkungan.

Dalam satu unit truk CAESAR dapat membawa 16 amunisi yang ditelakkan dalam kompartemen kedap air dan api yang masing-masing mampu memuat delapan proyektil dan ditaruh pada flatbed di bawah laras meriam.

BACA JUGA:Begini Penampakan Amfibi 19 8×8 – IFV Alutsista China, Dikabarkan Turret Tanpa Awak

Belgia telah menetapkan pilihan untuk membeli CAESAR 6X6 Mark II, yakni menjadi pengguna ekpsor CAESAR 6X6 Mark II Next Generation (NG) pertama.

Pada 13 Mei 2022, kementerian pertahanan Belgia dan Perancis telah menandatangani kontrak senilai €62 juta untuk mengakuisisi sembilan unit self-propelled howitzer 155mm 6×6 CAESAR NG. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: