Ukraina Mendapat Bantuan Bom Pintar Hybrid AASM-250 HAMMER, Berjumlah 600 Unit Dari Perancis

Ukraina Mendapat Bantuan Bom Pintar Hybrid AASM-250 HAMMER, Berjumlah 600 Unit Dari Perancis

Foto : Bom Pintar Hybrid.-Ukraina Mendapat Bantuan Bom Pintar Hybrid AASM-250 HAMMER, Berjumlah 600 Unit Dari Perancis-Indomiliter.com

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Presiden Perancis Emmanuel Macron pada 16 Januari 2024, mengumumkan pengiriman jenis senjata presisi baru untuk Ukraina, bom pintar hybrid yang biasa diluncurkan dari jet tempur Mirage 2000 atau Rafale.

Yakni Armement Air-Sol Modulaire (AASM) atau HAMMER (Highly Agile Modular Munition Extended Range. Jumlah yang dijanjikan Macron lumayan banyak, mencapai 600 unit dengan 50 unit telah dikirim ke Ukraina.

Dan pada 4 Maret 2024, untuk pertama kalinya AASM-250 HAMMER digunakan Ukraina untuk menyerang posisi strategis Rusia.

Meski belum diketahui jenis pesawat tempur yang digunakan untuk melepaskan AASM-250, namun besar kemungkinan yang digunakan Angkatan Udara Ukraina adalah Sukhoi Su-24MR.

BACA JUGA:Perancis Kirim Rudal Jelajah SCALP Ke Ukraina Dengan SUV Mewah Audi Q7

Dua jenis pembom tempur telah menerima modifikasi sebelumnya untuk meluncurkan rudal jelajah udara ke permukaan Storm Shadow/SCALP.

Dalam video yang beredar di akun Telegram Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk, Komandan Angkatan Udara Ukraina, diperlihatkan alur penyerangan AASM-250 yang menargetkan sebuah sasaran strategis milik Rusia di Kozachi Laheri, Oblast Kherson – wilayah Ukraina yang diduduki Rusia.

Oleh manufakturnya, Safran Electronics & Defense, AASM-250 dirancang untuk bisa menyerang sasaran tetap atau bergerak dengan presisi tinggi. Pun munisi hybrid ini bebas perawatan dan memiliki biaya siklus hidup yang rendah.

Sebagai sistem pemandu, AASM-250 mengadopsi single, double or triple store adaptors, yang menggunakan Sagem Hemispheric Resonating Gyro

BACA JUGA:Ketar-Ketir Terimbas Perang, Belanda Pesan Sembilan Unit DITA Untuk Ukraina

Juga hibridisasi inersia/GPS, dan pencitra inframerah strap-down serta algoritme terkait untuk misi serangan konvensional.

Panduan terminal lewat sinar laser digunakan untuk menyasar sasaran bergerak, dan panduan terminal inframerah digunakan untuk meminimalkan kesalahan koordinat sasaran. Soal akurasi, AASM HAMMER punya tingkat akurasi 10 meter dalam circular error probability.

Dengan dapur pacu solid propelled rocket, HAMMER yang memadukan teknologi bom pintar dapat dilepaskan dari ketinggian 15 km untuk menjangkau sasaran di jarak 60 km. HAMMER memiliki kemampuan fire and forget, dan kapasitas stand-off yang diperpanjang.

AASM HAMMER terdiri dari guidance kit dan range extension kit yang dilengkapi masing-masing kit dilengkapi empat winglet untuk navigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: