Inilah Temuan Makam Kuno Islam di Sudan yang Berhasil Ditemukan Arkeolog Menyerupai Galaksi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Para arkeolog di Sudan timur telah menemukan ribuan makam Islam abad pertengahan yang diatur dalam pola yang menyerupai galaksi

Pemakamannya tampak berkerumun di sekitar makam "induk" pusat yang sangat penting.

Para ahli menemukan monumen pemakaman di negara bagian Kassala.

Menurut sebuah pernyataan, tim peneliti internasional menggunakan citra satelit dan kerja lapangan untuk mengidentifikasi lebih dari 10 ribu makam yang membentang 1.600 mil persegi.

BACA JUGA:Inilah Sejarah Candi Megah di Dalam Akar Pohon Raksasa yang Menyimpan Penuh Misteri

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Lukisan Prasejarah di Situs Purbakala Tapurarang

Sebuah tim arkeolog menggunakan citra satelit untuk menemukan lebih dari 10.000 monumen di Kassala, sebuah wilayah di Sudan timur.

Beberapa situs tersebut antara lain makam, struktur arsitektur penting yang umum dalam sejarah dan prasejarah Afrika, dan qubba, istilah untuk bangunan penguburan dan masjid pada abad ke-19.

Setelah tim peneliti memetakan lokasi pemakaman, mereka mengalami kesulitan dalam menafsirkan data. Karena beberapa peninggalan telah digali.

"Kami menghadapi tantangan untuk menjelaskan penciptaan lanskap pemakaman tanpa data arkeologi tradisional, namun (kami memiliki) kumpulan data yang cukup besar sehingga kami dapat membuat hipotesis mengenai adanya proses yang kompleks, baik secara regional maupun lokal,"  Stefano Costanzo , peneliti utama  dan arkeolog di Universitas Naples L'Orientale, Italia, mengatakan kepada Live Science.

BACA JUGA:Penemuan Bersejarah: Menggali Kebenaran di Balik Prasasti Usia 30.000 Tahun di Sacsayhuamán