Kapal Rampasan Diberikan ke Daerah, Begini Respon Menpan-RB Terhadap Kementerian KP

 Kapal Rampasan Diberikan ke Daerah, Begini Respon Menpan-RB Terhadap Kementerian KP

Kapal Rampasan Diberikan ke Daerah, Begini Respon Menpan-RB Terhadap Kementerian KP--

PAGARALAMPOS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas, memberikan apresiasi terhadap program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) yang berhasil memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat.

Salah satu program yang mendapat pujian adalah penyerahan hasil rampasan negara, berupa kapal tangkap ikan, kepada pemerintah daerah (pemda), khususnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Anas menyatakan bahwa Kementerian KP telah berhasil mengimplementasikan program yang langsung memberikan manfaat kepada rakyat.

"Saya melihat apa yang dikerjakan oleh Pak Menteri KP sangat bagus, langsung berdampak menggerakkan ekonomi rakyat, yang ujungnya adalah penurunan kemiskinan sesuai dengan Reformasi Birokrasi berdampak," kata Anas dalam keterangan pers  pada Sabtu (30/3/2024).

BACA JUGA:24 Karat Bukan Ideal Beli Emas. Ternyata Ini Nilai dan Kadar Terbaiknya

Salah satu inisiatif yang mendapat sorotan adalah program "Tangkap-Manfaat" yang dicanangkan oleh Kementerian KP. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan cara menyerahkan kapal tangkap ikan hasil rampasan kepada mereka.

Menurut Anas, kebijakan ini memiliki potensi untuk mendorong peningkatan jumlah tangkapan ikan dan memicu pertumbuhan ekonomi di kalangan kelompok nelayan.

Menteri KP, Sakti Wahyu Trenggono, menjelaskan bahwa kapal tangkap ikan yang diberikan kepada nelayan berasal dari barang rampasan yang telah ditetapkan oleh pengadilan sebagai milik negara.

Sebelumnya, kapal-kapal rampasan biasanya ditenggelamkan, namun kini Kementerian KP bekerja sama dengan kejaksaan untuk menyerahkannya kepada nelayan yang masih menggunakan kapal tradisional.

BACA JUGA:THR! Ini Cara Mudah dan Syarat Menukar Uang Baru ke Bank Jelang Hari Raya Idul Fitri

"Banyuwangi menjadi salah satu prioritas yang mendapat hibah kapal hasil rampasan untuk diserahkan ke nelayan. Hal ini pun diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain," ujar Trenggono.

Trenggono menambahkan bahwa kebijakan pemerintah saat ini fokus pada penegakan hukum yang dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan nelayan.

Dengan menyerahkan kapal rampasan kepada nelayan, pemerintah berharap dapat meningkatkan produksi perikanan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan.

Anas juga mengapresiasi langkah-langkah Kementerian KP dalam memberikan program-program bermanfaat kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: