Sejarah Dunia Kuno: Misteri Kehidupan Sang Buddha di Lumbini

Sejarah Dunia Kuno: Misteri Kehidupan Sang Buddha di Lumbini

Foto : Sejarah ajaran Budha.-Sejarah Dunia Kuno: Misteri Kehidupan Sang Buddha di Lumbini-Google.com

Setelah kematian Sang Buddha, ajarannya perlahan-lahan berkembang menjadi keyakinan baru yang khas. Pengikut yang berdedikasi menyebarkan ajarannya ke seluruh Asia.

BACA JUGA:Istana Tua Seluas 5 Hektare, Warga Temukan Peninggalan Bersejarah Hindu Budha Kuno Disini!

Ashoka dan penyebaran ajaran Buddha

Pada abad ketiga SM, seorang raja yang sangat luar biasa berkuasa dan membantu keyakinan baru ini berkembang dan bertumbuh.

Namanya Ashoka, cucu pendiri kerajaan Maurya, sebuah dinasti kuat yang berpusat di kota Pataliputra kuno (dekat Patna modern). Bangsa Maurya mengeksploitasi kekosongan kekuasaan setelah kematian Aleksander Agung pada tahun 323 SM. Mereka memperluas kekuasaan Maurya di seluruh India utara.

Ashoka Agung menjadi penguasa sekitar tahun 265 SM. Ia terus menaklukkan wilayah baru untuk kerajaannya. Pada tahun ke-8 pemerintahannya, ia mengalami perubahan spiritual yang mendalam.

Menurut catatannya sendiri, hal ini terjadi setelah penaklukan Ashoka atas wilayah tetangga Kalinga. Setelah mengamati penderitaan yang diakibatkan oleh perangnya, raja merasa sangat menyesal.

BACA JUGA:Aji Saka Pendekar Sakti, Keturunan Bangsa Hindustan Yang Pertama Mendiami Tanah Jawa, Begini Kisahnya

Hal ini membuatnya meninggalkan kekerasan dan memeluk agama Buddha. Ashoka menerapkan ajaran Buddha sebagai kebijakan kerajaannya. “Ia menuliskan prinsip-prinsip dan strategi barunya pada tengara dan pilar di seluruh kerajaannya,” Walker menambahkan lagi.

Tindakan Ashoka ini mendorong penyebaran agama Buddha secara besar-besaran di seluruh India. Sekitar tahun 50 SM berbagai aliran ajaran Buddha mulai “berkelana” melalui jaringan perdagangan, termasuk Jalur Sutra.

Ajaran Buddha mulai berakar ribuan kilometer di sebelah timur tanah airnya dan mencapai Jepang pada abad kelima.

Cahaya baru di Lumbini


Foto : Pagoda Lumbini

Teks-teks Buddhis menggambarkan peristiwa persalinan Maya. Ia sedang bepergian ke rumah orang tuanya ketika dia melahirkan di Lumbini.

BACA JUGA:Taukah Kamu? Inilah Sosok Penghuni Pertama Pulau Jawa, Konon Dia Adalah Orang Hindustan yang Dibawa Aji Saka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: