SIPRI Bocorkan Informasi Suplay Persenjataan Isrel, Terbonngkar 99 Persen Impor Kedua Negara Ini

SIPRI Bocorkan Informasi Suplay Persenjataan Isrel, Terbonngkar 99 Persen Impor Kedua Negara Ini

Semua pesawat berawak Angkatan Udara Israel saat ini buatan Amerika. Selain dari satu helikopter yang dibangun oleh helikopter Airbus Perancis.

BACA JUGA:Wow! Ternyata Ini 5 Negara Asia yang Menjadi Sekutu Setia Israel, Ini Nama Negaranya!

Sementara itu Israel juga mengimpor persenjataan dalam jumlah kecil, seperti ke Inggris, Kanada, dan Belanda.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Kanada Mélanie Joly mengumumkan Ottawa telah menghentikan ekspor senjata ke Israel atas serangan militer di Jalur Gaza yang terus berlanjut.

Italia mengumumkan pada bulan Januari bahwa mereka telah menghentikan ekspor pada awal perang, dan pengadilan Belanda memutuskan bulan lalu bahwa Belanda harus berhenti memberikan bagian milik AS untuk jet tempur F-35 ke Israel.

Para pejabat AS mengatakan kepada Politico pada awal bulan itu bahwa Presiden Joe Biden akan mempertimbangkan untuk menempatkan kondisi pada bantuan militer di masa depan ke Israel.

BACA JUGA:MUI Minta Umat Muslim Boikot Produk-Produk Israel, Bentuk Perlawanan Terhdap Penindasan Palestina

Jika terus bergerak maju dengan serangan yang direncanakan terhadap kota Rafah paling selatan Gaza, di mana lebih dari satu juta warga Palestina berlindung.

Dalam sebuah wawancara pada hari Minggu, Wakil Presiden AS Kamala Harris tidak mengesampingkan konsekuensi bagi Israel jika terus maju dengan ofensif ke Gaza.

Sementara Israel mengatakan tidak dapat mencapai kemenangan dalam perang tanpa menangani empat batalion Hamas yang tersisa di Rafah.

BACA JUGA:Teliti Sebelum Membeli! Hindari Kurma yang Berasal dari Israel

Studi SIPRI menempati peringkat Israel sebagai importir senjata teratas ke-15 di dunia, mengambil 2,1% dari semua impor, menurut data yang tersedia secara global dari 2019-2023.

SIPRI juga mengatakan bahwa Israel adalah pengekspor senjata teratas ke -9 di dunia, yang bertanggung jawab atas 2,4% dari pasr ekspor senjata global. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: