Wajar Otokar Cobra II 4×4 Laris Manis di Pasar Internasional, Rantis Dipresenjatai Rudal dan Peluncur Granat

Wajar Otokar Cobra II 4×4 Laris Manis di Pasar Internasional, Rantis Dipresenjatai Rudal dan Peluncur Granat

Foto : Rantis Otokar Pabrikan Turki.-Wajar Otokar Cobra II 4×4 Laris Manis di Pasar Internasional, Rantis Dipresenjatai Rudal dan Peluncur Granat-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Rumania belum lama ini resmi bergabung sebagai anggota club Otokar, setelah negara di Eropa Timur itu resmi mengakuisisi rantis (kendaran taktis) lapis baja Cobra II 4×4 produksi Otokar.

Dalam akuisisi ini Otokar mendapatkan kontrak senilai US$1 miliar untuk memasok 1.059 unit rantis Cobra II 4×4 untuk angkatan bersenjata Rumania.

Baca juga: Otokar (Turki) Luncurkan Alpar – Prototipe Robot Tempur Lapis Baja Roda Rantai dengan Berat 15 Ton

Cobra II 4×4 tergolong rantis lapis baja dari Turki yang laris di pasaran, termasuk digunakan oleh Ukraina dalam operasi tempur, Cobra II 4×4 tercatat telah digunakan oleh Azerbaijan, Bangladesh, Ekuador, Ghana, Pantai Gading, Kazakhstan, Kurdistan, Maroko, Rwanda, Senegal, Turki, dan Tunisia.

BACA JUGA:Bikin Kaget Militer Dunia, Rusia Produksi Bom Pintar FAB-3000, Berobot 3 Ton Radius Ledakan 900 Meter

Laris manisnya ranpur ini dipasaran tak terlepas dari pemasaran Cobra I 4×4 yang juga mencetak sukses dalam penjulan internasional.


Foto : Rantis Otokar Pabrikan Turki.-Wajar Otokar Cobra II 4×4 Laris Manis di Pasar Internasional, Rantis Dipresenjatai Rudal dan Peluncur Granat-Indomiliter.com

Cobra II 4×4 berkapasitas sembilan personel termasuk pengemudi dan komandan. Rantis ini memiliki perlindungan tingkat tinggi terhadap ancaman dari alat peledak rakitan dan ranjau darat.

Di antara berbagai fungsinya adalah operasi keamanan dan pemeliharaan perdamaian serta perlindungan perbatasan.

Cobra II dapat diproduksi dalam versi berbeda, sesuai dengan kebutuhan keamanan pengguna yang berbeda berkat desain modularnya.

BACA JUGA:Otokar Akrep II, Ranpur Lapis Baja Bertenaga Listrik, Yuk Intip Kemampuan Perangnya

Dengan berat 12 ton, panjang keseluruhan Cobra II adalah 5,6 meter dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 2,2 meter. Cobra II dibekali fitur run flat, CTIS, sistem AC, sistem penerangan pemadaman listrik, dan towing eye, yang merupakan perlengkapan standar kendaraan.

Rantis ini juga dapat dilengkapi dengan winch pemulihan mandiri, kit filtrasi CBRN, sistem pemadam kebakaran otomatis, sistem navigasi, sistem interkom, dan unit daya tambahan.

Secara opsional, Cobra II 4×4 dapat dilengkapi dengan sistem senjata berbasis remote controlled weapon system (RCWS) dengan senapan mesin 12,7 mm atau peluncur granat 30 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: remote controlled weapon system