Beras SPHP Mulai Masuk Pasar, Harga Mulai Stabil, Ini Keterangan Bulog Lahat!

Beras SPHP Mulai Masuk Pasar, Harga Mulai Stabil, Ini Keterangan Bulog Lahat!

Beras SPHP Mulai Masuk Pasar, Harga Mulai Stabil, Ini Keterangan Bulog Lahat!--

PAGARALAMPOS.COM - Pasar beras di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, kembali menjadi sorotan setelah inspeksi mendadak dilakukan oleh Unit Pidsus Polres Lahat dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat.

Inspeksi ini dilakukan untuk memantau ketersediaan stok beras dan mengendalikan harga beras yang belum sepenuhnya stabil di daerah tersebut.

Dalam inspeksi tersebut, ditemukan bahwa harga beras masih belum normal meskipun ketersediaan stok mulai bertambah.

Toko Bintang Terang, salah satu toko yang disidak, masih terlihat memiliki banyak stok beras premium dengan kemasan 5 kilogram.

BACA JUGA:Blacklist dari Tujuan! Turis Asal China Hindari Berwisata di 2 Negara Asia Ini. Ini Alasannya

Pemilik toko mengungkapkan bahwa sebelumnya terjadi kenaikan harga beras akibat tingginya permintaan pasar dan keterlambatan distribusi beras dari Pulau Jawa, yang membuat ketersediaan beras di gudang mereka kosong.

Namun, beras kemasan Standar Pangan Harapan (SPHP), yang menjadi incaran masyarakat, tidak tersedia di toko tersebut.

Di sisi lain, di gudang Bulog Lahat, terlihat aktivitas pengemasan beras bantuan pangan (Banpan) yang akan disalurkan ke masyarakat.

Namun, stok beras kemasan SPHP untuk komersialisasi terlihat sangat sedikit.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Pantai Pink, Pengalaman Tak Terlupakan di Pulau Komodo

Kapolres Lahat, AKBP God Parlasro S Sinaga SIK MH, melalui perwakilan, menjelaskan bahwa harga beras di pasaran mulai turun, dan stok beras di beberapa suplayer cukup memadai.

Beliau menegaskan bahwa beras SPHP akan mulai didistribusikan oleh Bulog Lahat ke Rumah Pangan Kita (RPK) di pasar, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan beras.

Pimpinan Bulog Cabang Lahat, Yusnan MT Dongoran, menyatakan bahwa pihaknya saat ini masih fokus pada penyaluran beras program bantuan pangan melalui Kantor Pos.

Namun, ia menegaskan bahwa mulai esok, beras SPHP akan disalurkan ke pengecer di pasar, dan stok beras SPHP akan tetap aman sepanjang bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: