Genap Bakal Diterapkan di Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Ini Aturan Lengkapnya

Genap Bakal Diterapkan di Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Ini Aturan Lengkapnya

Foto : Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.-Genap Bakal Diterapkan di Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Ini Aturan Lengkapnya-Humas Polri

Ganjil Genap (KM 414-KM 0)

12 April 2024 (14.00-24.00 WIB)

13 April 2024 (08.00-24.00 WIB)

14-16 April 2024 (08.00-08.00 WIB)

 

Sebelumnya, Polri juga fokus pemandangan kemacetan panjang di Pelabuhan Merak saat cuaca buruk sudah menjadi pemandangan umum.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Korlantas Polri telah menyiapkan skenario terburuk dengan rekayasa lalu lintas saat arus mudik Idul Fitri 2024.

Jika cuaca buruk terjadi dan menyebabkan pelabuhan ditutup, kendaraan di dalam jalan tol Tangerang-Merak akan dikeluarkan ke jalan arteri.

PT ASDP Indonesia Ferry pun tidak boleh menjual tiket hingga cuaca kembali membaik dan operasional kapal berjalan normal.

BACA JUGA:Rekayasa Jalan Saat Puncak Kunjungan Wisata

“Kita akan mengeluarkan seluruh kendaraan ke arteri, tidak melanjutkan ke Merak, dari ASDP pun tidak akan menjual tiket ketika terjadi kontigensi,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan di Pelabuhan Merak, Kamis (14/3).

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan berdasarkan informasi awal dari tiga pelabuhan di Banten, yaitu Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan Bandar Bakau Jaya. Kepadatan di dalam dermaga setiap pelabuhan juga menjadi faktor pertimbangan.

“Kita akan melakukan rekayasa lalin (lalu lintas), terutama pembagian kendaraan yang akan menuju Ciwandan dan BBJ, ada di Cilegon Timur, kita akan bagi,” terang Aan.

Jika ketiga pelabuhan sudah penuh dan kemacetan mengular hingga keluar Pelabuhan Merak, maka jalan Cikuasa Atas, Bufer Zone, dan rest area akan dijadikan kantung parkir. Sistem delaying system juga akan diterapkan untuk menahan laju kendaraan agar tidak cepat sampai di pelabuhan.

BACA JUGA:Kakorlantas Resmikan Ruang TAA, Penegakan Hukum Berbasis Digitalisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: