Inilah Bukti Temuan Arkeolog Adanya Peradaban Manusia Purba di Ukraina

Inilah Bukti Temuan Arkeolog Adanya Peradaban Manusia Purba di Ukraina -Foto: net-

Melalui analisis nuklida kosmogenik, mereka menetapkan usia alat-alat tersebut sekitar 1,42 juta tahun yang lalu.

Diasumsikan bahwa alat-alat ini digunakan oleh Homo erectus, nenek moyang manusia Eropa.

BACA JUGA:Sejarah: Perintah Puasa dan Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

BACA JUGA:Menggali Warisan Belanda di Kabupaten Lebong, Tambang Emas dan Bangunan Bersejarah

Sebelumnya, perjalanan manusia purba di Eropa menjadi misteri yang sulit dipecahkan.

Temuan di Ukraina ini memperkuat hipotesis bahwa manusia purba yang memasuki Eropa melakukan perjalanan dari arah timur, bukan melalui rute lain seperti semenanjung Iberia.

Hal ini menunjukkan bahwa Korolevo, jauh di wilayah utara, mungkin menjadi tempat pertama kali yang dihuni oleh Homo erectus di Eropa.

Situs arkeologi di Korolevo, 600 km barat daya Kiev di Ukraina, adalah salah satu contoh situs Paleolitik awal (Zaman Batu Awal) paling utara di dunia.

BACA JUGA:Eksplorasi Peninggalan Belanda di Rejang Lebong, Dari Tambang Emas Hingga Arsitektur Kolonial yang Bersejarah

Namun, usia pastinya masih menjadi misteri hingga kini. Studi ini pun telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Lapisan Es Sebabkan Situs Manusia Purba Terkubur

Para peneliti menggarisbawahi bahwa situs-situs hominin purba yang lebih jauh ke utara, mungkin telah hilang atau terkubur akibat perubahan iklim dan pembentukan lapisan es.

"Situs-situs hominin purba yang berada lebih jauh ke utara kemungkinan besar telah hancur atau terkubur dalam-dalam," kata penulis studi, dikutip dari Cosmos Australia.

Meskipun begitu, penemuan ini membuka pintu bagi penelitian lebih lanjut yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang asal usul manusia dan migrasi yang dilakukan manusia purba tersebut.