Berada Digaris Cincin Api Bumi, Inilah The 7 Summits Atapnya Pulau Jawa

Berada Digaris Cincin Api Bumi, Inilah The 7 Summits Atapnya Pulau Jawa

Foto : The seven summits Pulau Jawa.-Berada Digaris Cincin Api Bumi, Inilah The 7 Summits Atapnya Pulau Jawa-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Bagi para pendaki istilah Seven Summit atau tujuh puncak tentu tidaklah asing. Salah satu yang terkenal adalah Seven Summit of Java yang merupakan 7 puncak tertinggi di pulau jawa.

Penasaran mana saja yuk simak, dari sekian puncak tertinggi mana yang sudah kamu jejaki? 

Gunung merupakan bagian kerak bumi yang lebih tinggi dari area di sekitarnya. Gunung biasanya mempunyai curam yang secara signifikan menyingkap batuan dasarnya.

Pegunungan terbentuk melalui kekuatan tektonik, erosi, atau aktivitas vulkanik, yang bekerja pada skala waktu hingga puluhan juta tahun. 

BACA JUGA:Kisah Gunung Pesagi, Dari Orang Lampung yang Dianggap Ada Kaitannya Dengan Misteri Gunung Melegenda

Ketinggian di pegunungan menghasilkan iklim yang lebih dingin daripada di permukaan laut garis lintang yang sama.

Iklim yang lebih dingin ini sangat memengaruhi ekosistem pegunungan: ketinggian gunung yang berbeda-beda menjadi habitat tumbuhan dan hewan yang berbeda pula.

Gunung cenderung lebih sedikit digunakan untuk pertanian dan lebih banyak untuk ekstraksi sumber daya, seperti pertambangan dan penebangan, atau dijadikan tempat rekreasi, seperti mendaki gunung dan bermain ski karena medan dan iklimnya yang kurang ramah

Gunung tertinggi di bumi adalah Gunung Everest di Himalaya, yang puncaknya mencapai ketinggian 8.850 m (29.035 ft) di atas permukaan laut rata-rata.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Gunung Pesagi yang Tak Banyak Orang Tau! Ada Kejanggalan Apa Saja?

Gunung tertinggi di antara semua planet tata surya adalah Olympus Mons yang berada di Mars dengan ketinggian mencapai 21.171 m (69.459 ft).

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Posisinya yang tepat berada pada garis cincin api bumi membuat Pulau Jawa banyak dihuni gunung-gunung berapi aktif.

Tidak hanya 7 puncak tertinggi di dunia, ada juga istilah seven summits of Java atau 7 puncak tertinggi di Jawa. Daftar gunung-gunung tersebut diambil satu demi satu dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: