Siswa MAN 1 Pagaralam Menempuh Ujian Munaqosah untuk Penguasaan Al-Qur'an

Siswa MAN 1 Pagaralam Menempuh Ujian Munaqosah untuk Penguasaan Al-Qur'an

Siswa MAN 1 Pagaralam Menempuh Ujian Munaqosah untuk Penguasaan Al-Qur'an--

PAGARALAMPOS.COM - Pada hari-hari yang ditentukan, ruang-ruang kelas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pagaralam dipenuhi dengan antusiasme dan ketegangan.

Para siswa dan siswi Kelas XII berkumpul untuk menghadapi ujian Munaqosah, tahapan penting dalam program Tahfiz Qur’an mereka.

Ujian ini tidak hanya sekadar evaluasi, tetapi juga menjadi puncak dari perjalanan pembelajaran mereka sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

Munaqosah, sebuah istilah yang mungkin terdengar asing bagi beberapa orang, menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran Tahfiz Qur’an di MAN 1 Pagaralam.

BACA JUGA:Kakorlantas Resmikan Ruang TAA, Penegakan Hukum Berbasis Digitalisasi

Tujuan utamanya bukan hanya untuk menguji seberapa jauh siswa memahami Al-Qur'an, tetapi juga untuk mengevaluasi kemampuan mereka dalam membaca dan memahami teks suci tersebut.

Menurut Kepala MAN 1 Pagaralam, Neliana, kegiatan Munaqosah merupakan bagian integral dari kurikulum Tahfiz Qur’an yang telah dijalankan secara konsisten.

"Ujian yang dilaksanakan ini, tak lain bagian dari menguji kemampuan materi yang telah diberikan kepada peserta didik," ungkap Neliana dengan penuh keyakinan.

Ini menunjukkan betapa seriusnya sekolah dalam memastikan bahwa siswa-siswinya tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami pesan yang terkandung dalam setiap ayat Al-Qur'an.

BACA JUGA:Sebagai Pertahanan Serangan Musuh, Inilah Sejarah Benteng Kuto Besak Palembang, Dahulunya Disebut Keraton

Bagi siswa Kelas XI, ujian Munaqosah ini juga menjadi tujuan yang akan mereka hadapi di akhir pembelajaran mereka.

Keberhasilan dalam melewati ujian ini akan dihargai dengan sertifikat sesuai dengan kemampuan yang telah mereka tunjukkan.

Hal ini tidak hanya menjadi motivasi bagi siswa-siswa untuk terus berjuang, tetapi juga memberikan pengakuan atas jerih payah mereka dalam mempelajari Al-Qur'an.

Tidak hanya sekadar kegiatan akademis, Munaqosah juga mendapat dukungan penuh dari orang tua siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: