WADUUH, Jerman Borong Sistem Hanud Rheinmetall Skyranger 30

WADUUH, Jerman Borong Sistem Hanud Rheinmetall Skyranger 30

JAKARTA  PAGARALAMPOS.COM - Seolah mengikuti langkah Austria, Jerman diwartakan juga mengorder sistem hanud mobile Skyranger 30. Bedanya, bila Austria akan memasang turret Skyranger 30 pada ranpur Pandur Evolution 6×6.

Maka angkatan bersenjata Jerman akan mengintegrasukan turret Skyranger 30 pada ranpur roda ban yang lebih besar, yakni Boxer 8×8.

Dalam siaran pers, Rheinmetall menyebut Kementerian Pertahanan Jerman akan membeli hingga 49 sistem hanud Skyranger 30 dari Rheinmetall dengan total hampir €600 juta (US$650 juta). Skyranger 30 akan dipasang pada ranpur Boxer Bundeswehr.

Pesanan tersebut berisi satu prototipe dan 18 kendaraan produksi, dengan opsi untuk 30 pesanan lanjutan. Rheinmetall mengatakan akan mengirimkan prototipe angkatan bersenjata Jerman (Bundeswehr) pada akhir tahun ini.

BACA JUGA:Norinco Sky Dragon 50, Kuda Hitam Sistem Rudal Hanud Jarak Sedang Untuk Indonesia

Akuisisi ini merupakan bagian dari proyek militer untuk mengembangkan sistem pertahanan udara terintegrasi untuk perlindungan jarak dekat dan pendek. Platform Skyranger 30 akan memainkan peran integral dalam upaya ini.


Foto : Ranpur Jerman.-WADUUH, Jerman Borong Sistem Hanud Rheinmetall Skyranger 30-Indomiliter.com

Sebulan yang lalu, pada tanggal 25 Januari, sebuah konsorsium yang terdiri dari Rheinmetall, Diehl dan produsen sensor Hensoldt ditugaskan oleh pemerintah Jerman.

Untuk mengembangkan kemampuan ini untuk Bundeswehr dengan total nilai €1,2 miliar (US$1,3 miliar).

Dalam sistem hanud yang dibuat di Jerman, Skyranger berisi rangkaian sensor, kanon 30 mm, dan rudal hanud Stinger. Berbeda dengan pilihan Austria yang memilih menggunakan rudal hanud Mistral buatan Perancis.

BACA JUGA: Dapat Lampu Hijau Beli 40 Unit F-35A, Yunani Setujui ‘Transfer’ Alutsista Hanud Buatan Rusia Ke Ukraina

Kombinsi senjata pada turret Skyranger 30 terdiri dari dua rudal hanud dan kanon Oerlikon Revolver Gun KCE-ABM kaliber 30 mm, plus terdapat sekitar 300 butir amunisi AHEAD, dan berat keseluruhan turret berada di bawah 3 ton.

Performa fire power kanon kaliber 35 mm ini pun relatif sama, yakni mengandalkan kecepatan tembak 1.000 proyektil per menit dengan jarak tembak sampai 4.000 meter.

Boxer Skyranger milik AD Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: