Diancam Netanyahu, Iran Unjuk Gigi Luncurkan Rudal Balistik Dari Eks Kapal Kontainer Sipil

Diancam Netanyahu, Iran Unjuk Gigi Luncurkan Rudal Balistik Dari Eks Kapal Kontainer Sipil

PAGARALAMPOW.COM - Dari Pangkalan Udara (Lanud) Palmachim di pesisir Mediterania, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa akan melakukan serangan langsung ke Iran bilamana diperlukan.

Dan merespon ancaman dari pimpinan Negeri Zionis, belum lama ini Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) melakukan latihan serangan presisi dengan meluncurkan rudal balistik

Yang menarik salah satu serangan dilakukan dari atas kapal kontainer di tengah laut dan menargetkan sasaran tiruan Lanud Palmachim.

Dalam video yang beredar di jejaring media sosial, IRGC meluncurkan rudal balistik jarak menengah – medium range ballistic missile (MRBM) Dezful, yang mana rudal ini ditempatkan dalam sebuah kontainer sipil.

BACA JUGA:Serangan Balasan Iran, Luncurkan 6 Rudal Balistik Fateh-110 Hantam Markas Mossad di Erbil Irak

Yang kemungkinan untuk tujuan kamuflase. Sementara sebagai platform, kapal yang digunakan adalah IRIS Shahid Mahdavi.


Foto : Rudal balistik yang dilesatkan dari kapal kontainer.-Diancam Netanyahu, Iran Unjuk Gigi Luncurkan Rudal Balistik Dari Eks Kapal Kontainer Sipil-Indomiliter.com

IRIS Shahid Mahdavi (110-3) dirancang sebagai pangkalan apung (sea basing) keempat IRGC. IRIS Shahid Mahdavi adalah hasil konversi dari kapal kontainer sipil. IRIS Shahid Mahdavi sebelumnya bernama MV Savin.

Kapal kontainer berbendera Iran ini sebelumnya bernama Sarita, Dandle, Twelfth Ocean dan Iran Esfahan. Kapal ini dibangun pada tahun 2000, dengan panjang keseluruhan 240,2 meter dan lebar 32,2 meter.

Proses konversi dari kapal sipil ke kapal militer dilakukan di Pelabuhan Bandar Abbas. Selain perubahan cat, Shahid Mahdavi juga nampak dipasangi beberapa konsol senjata pertahanan udara (hanud) pada beberapa sudutnya.

BACA JUGA:Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III Alami Kegagalan, Penjelasan AS Begini

Modifikasi IRIS Shahid Mahdavi lebih ditekankan pada pembuatan deck berukuran besar untuk menampung operasional helikopter.

Nah, tentang rudal Dezful, adalah rudal balistik jarak menengah yang dikembangkan oleh Iran dan diluncurkan pada Februari 2019 dari fasilitas rudal bawah tanah Iran.Angkatan bersenjata Iran mengatakan bahwa rudal ini memiliki jangkauan lebih dari 1000 km (620 mil).

Rudal ini membawa hulu ledak seberat 600 atau 700 kg dan memiliki akurasi target atau CEP (circular error probability) 5 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: