Cockerill I-X 4×4, Ranpur Tangguh Dilengkapi Rudal Anti Tank dan Pelontar RPG

Cockerill I-X 4×4, Ranpur Tangguh Dilengkapi Rudal Anti Tank dan Pelontar RPG

Foto : Ranpur darat dengan senjata canggih.-Cockerill I-X 4×4, Ranpur Tangguh Dilengkapi Rudal Anti Tank dan Pelontar RPG-Indomiiter.com

PAGARALAMPOS.COM - John Cockerill Defense yang bermarkas di Belgia, secara khusus merancang ranpur (kendaraan tempur) Cockerill i-X 4×4 untuk pasar Timur Tengah. Sebagai bukti, Cockerill i-X diluncurkan pertama kali pada Pameran Pertahanan Internasional WDS (World Defense Show) 2022 yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi.

Dan dua tahun berlalu, pada WDS 2024 (4 – 8 Februari 2024), John Cockerill mengumumkan pencapaian Cockerill i-X, yakni sebagai ranpur darat pertama di dunia yang mampu menembak tepat sasaran, saat melaju 120 km per jam.

John Cockerill Defense mengklaim Cockerill i-X sebagai kendaraan tempur beroda (ban) tercepat di dunia yang mampu mencapai sasaran dengan akurasi luar biasa pada kecepatan laju hingga 120 km per jam.

Cockerill i-X adalah produk kolaborasi ambisius yang menggabungkan penguasaan sistem senjata dari John Cockerill Defense dengan advanced rally raid performance techniques.

BACA JUGA:Marinir AS Terima Unit Uji Ranpur Amfibi ACV-30 Dengan Turret Protector RT-20

Perpaduan strategis ini menghasilkan kendaraan yang berbeda dari desain kendaraan militer tradisional, sehingga membentuk paradigma baru dalam operasi perang darat.

Ini menandakan penyimpangan dari konsep konvensional, yang mewujudkan pendekatan holistik terhadap desain dan fungsionalitas kendaraan tempur.


Foto : Ranpur darat dengan senjata canggih.-Cockerill I-X 4×4, Ranpur Tangguh Dilengkapi Rudal Anti Tank dan Pelontar RPG-Indomiiter.com

Cockerill i-X mampu bergerak dengan kecepatan sangat tinggi di jalan raya dan di luar jalan raya (dengan drive train termal atau hibrida termal listrik), ringan, tersembunyi dengan mengintegrasikan teknologi fusi data multi-sensor (smart helmet, on-board intelligence AI, kamera, sensor:

LWS, deteksi dan lokalisasi Tembakan Akustik) dan mampu mengintegrasikan serangkaian senjata efektif, seperti kanon kaliber 25 mm, 30mm, rudal anti tank dan peluncur roket, yang dioperasikan secara remote.

BACA JUGA:Ranpur Tank T-80 Dipasangi Roket Anti Kapal Selam RBU-6000, Begini Penmapakannya

Mengandalkan kanon otomatis 25 mm, di dalam kubah (turret) dapat dimuati 120 amunisi siap tembak.

Dalam konfigurasi anti-tank, kubah dapat dipersenjatai dengan 2 atau 4 rudal anti tank, atau 7 tabung peluncur untuk RPG (Rocket Propelled Grenades). Berat kubah hanya 650 kg, dengan tambahan sekitar 60 kg untuk amunisi.

Kubah Cockerill i-X dapat berputar 360° dengan elevasi laras dari -10° hingga +60°. Kubah dilengkapi dengan 360° two-axis stabilized electro-optical sighting system termasuk televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: