Rudal Sea Skua, Senjata Pemungkas Helikopter Super Lynx 300 AL Malaysia

Rudal Sea Skua, Senjata Pemungkas Helikopter Super Lynx 300 AL Malaysia

PAGARALAMPOS.COM - Boleh jadi kekuatan alutsista laut antara Indonesia dan Malaysia setanding, namun ada jenis alutsista matra laut yang sampai saat ini belum dipunyai TNI AL, yaitu rudal udara ke permukaan yang diluncurkan dari helikopter yang berpangkalan di atas kapal perang.

AL Malaysia (Tentara Laut Diraja Malaysia – TLDM) sejak 2001 tercatat telah mengoperasikan rudal Sea Skua, jenis rudal buatan Inggris yang battle proven pada laga Perang Malvinas dan Perang Teluk I. Di tangan AL Malaysia, Sea Skua menjadi senjata yang melekat pada enam unit helikopter Super Lynx 300.

Dan belum lama berselang, Sea Skua kembali diuji tembak AL Malaysia dalam Latihan KerisMas 2019 (24/7/2019) di Perairan laut Cina Selatan.

Sea Skua dengan bobot 145 kg, termasuk hulu ledak seberat 30 kg, memang tak dirancang untuk mengkaramkan kapal perang sekelas frigat atau korvet.

BACA JUGA:Tempatkan Radar Intai Jarak Jauh Lockheed Martin AN/TPS-77, Ternyata Ini Tujuan Malaysia

Namun rudal rancangan British Aircraft Corporation ini lumayan efektif menggasak sasaran kapal perang bertonase kecil.


Foto : Rudal Sea Skua pada helikopter super linx Malaysia.-Rudal Sea Skua, Senjata Pemungkas Helikopter Super Lynx 300 AL Malaysia-Indomiliter.com

Laga di Malvinas membutikan efektivitas Sea Skua untuk menghantam kelas kapal patroli, bahkan dalam cuaca buruk khas Atlantik Selatan.

Begitu pula di Perang Teluk I, dari helikopter Sea Lynx, Sea Skua menjadi jagoan AL Inggris (Royal Navy) yang sukses menghancurkan beberapa kapal patroli dan kapal penyapu ranjau milik Irak.

Punya debut yang populer di dua laga, menjadikan rudal produksi MBDA UK ini laris dipasaran. Selain Inggris dan Malaysia, tercatat Korea Selatan, Turki, India dan Brasil menjadi pengguna Sea Skua. Lantas seperti apakah kemampuan Sea Skua?

BACA JUGA:SA321J Super Frelon, Jejak Sejarah Helikopter Angkut Berat TNI AU dan Pelita Air Service

Rudal dengan kecepatan subsonic (Mach 0.8) ini dapat melesat untuk menghantam sasaran di jarak 25 km. Rudal dengan panjang 2,5 meter, diameter 0,25 meter dan wingspan 0,72 meter ini disokong tenaga dari solid fuel booster (solid fuel sustainer).

Sebagai sistem pemandu mengandalkan semi-active radar homing dan dapat pula menggunakan steering system yang dikendalikan dari helikopter. Empat unit Sea Skua dapat dibawa langsung oleh satu Super Lynx.

Karena sudah terlibat dalam Perang Malvinas (1982), sudah jelas usia rudal ini tak lagi muda. Sea Skua sendiri dirancang tahun 1972 dan mulai diproduksi pada tahun 1975.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: