Tempatkan Radar Intai Jarak Jauh Lockheed Martin AN/TPS-77, Ternyata Ini Tujuan Malaysia

Tempatkan Radar Intai Jarak Jauh Lockheed Martin AN/TPS-77, Ternyata Ini Tujuan  Malaysia

Foto : Penempsatan munisi Ket temlur,-Tempatkan Radar Intai Jarak Jauh Lockheed Martin AN/TPS-77, Ternyata Ini Tujuan Malaysia-Indo militer.com

PAGARALAMPOS.COM -  Selain Filipina, Vietnam, Taiwan, Brunei Darussalam, dan Taiwan, maka Malaysia termasuk negara yang bersengketa wilayah batas laut dengan Cina di Kepulauan Spratly.

Seperti diketahui, konflik di Laut Cina Selatan, termasuk klaim teritorial di Kepulauan Spratly, melibatkan sejumlah negara di wilayah tersebut.

Dan ada kabar dari Malaysia terkait Kepulauan Spratly, bahwa Negeri Jiran akan menempatkan radar intai jarak jauh Lockheed Martin AN/TPS-77 di Pulau Layang-Layang.

Pulau Layang-Layang (Swallow Reef) adalah sebuah atol yang ada di Kepulauan Spratly yang dikelola oleh Malaysia, manun sampai saat ini disengketaan oleh Cina dan Vietnam.

BACA JUGA:Densus 88 Klaim Aksi Teror di Indonesia Menurun 3 Tahun Terakhir

Bahkan Cina menyebut Pulau Layang-Layang dengan nama Pinyin, dan Vietnam menyebutnya dengan nama Đá Hoa Lau. Secara geografi, Pulau Layang-Layang berjarak sekitar 300 km dari barat laut Kota Kinabalu, Sabah.

Dilansir dari defencesecurityasia.com (30/10/2023), Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Mohamad Hasan di Parlemen mengatakan.

“Radar jarak jauh akan ditempatkan di Pulau Spratly, radar tersebut akan membantu kami memantau setiap pergerakan yang terjadi di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).”

Jenis radar yang akan dtempatkan di Pulau Layang-Layang adalah Lockheed Martin AN/TPS-77, yakni radar yang punya peran sebagai long range air surveillance.

BACA JUGA:Otak Rencana Pencurian Berlian di Villa Pagar Alam Diringkus di Jambi, Perhiasan Curian Hanya Dijual 10 Juta

AN/TPS-77 mengadopsi teknologi AESA (Active Electronic Elevation Scanning Array) dengan frekuensi 1215 – 1400 Mhz.

Transmsinya menggunakan jenis solid state dengan power frekuensi radio 19,9 Kw. Antena bekerja dengan dual scan rate, 5/10 atau 6/12 RPM.

Sementara jangkauan deteksi radar AN/TPS-77 dengan search elevation -6 sampai 20 derajat dan track elevation -6 sampai 50 derajat, dapat mengendus sasaran pada jarak 300 – 470 Km, dan ketinggian deteksi maksimum 30,5 Km.

Dari sisi performa, radar ini dapat beroperasi secara maksimal dengan akurasi 99,5%, sementara masa penggunaan radar ini hingga 2.000 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: