Frigat Gorshkov Class Rusia Termodern, Dilengkapi Peluncur Rudal Hipersonik Tsirkon

Frigat Gorshkov Class Rusia Termodern, Dilengkapi Peluncur Rudal Hipersonik Tsirkon

Foto : Angkatan laut rusia.-Frigat Gorshkov Class Rusia Termodern, Dilengkapi Peluncur Rudal Hipersonik Tsirkon-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Berlokasi Saint Petersburg, pada hari Natal, 25 Desember 2023, berlangsung sebuah seremoni di Severnaya Verf yang dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin.

Yakni penyerahan (komisioning) unit ketiga frigat Admiral Gorshkov class (Project 22350) – Admiral Golovko, yang akan dilayarkan menuju pangkalannya di Arktik untuk memperkuat Armada Utara Rusia.

Pada frigat sepanjang 135 meter itu telah dikibarkan bendera putih dan biru Angkatan Laut di tiang kapal sebagai tanda masuknya kapal tersebut ke dalam kekuatan armada.

Selain Admiral Golovko, dalam seremoni tersebut juga diserahkan kapal cepat rudal Naro-Fominsk (Buyan-M class) dan kapal penyapu ranjau Lev Chernavin (Alexandrit class), di mana keduanya akan ditempatkan di Armada Baltik.

BACA JUGA:Jadi Mimpi Buruk Pasukan Ukraina, Drone Kamikaze Rusia Bawa Roket Termobarik TBG-7V

Dikutip Thebarentsobserver.com, Kapten kapal Admiral Golovko, Andrei Slavin, menyebut frigatnya adalah Gorshkov class yang paling modern.

Dibandingkan dengan dua kapal sebelumnya, Admiral Golovko memiliki peralatan yang lebih modern serta persenjataan dan kemampuan manuver yang lebih baik.

Sebelum Admiral Golovko, Armada Utara Rusia telah mengoperasikan dua unit frigat Gorshkov class, yakni Admiral Gorshkov dan Admiral Kasatonov. Kedua kapal masing-masing bergabung di Armada Utara pada tahun 2018 dan 2020.

Fregat baru ini merupakan salah satu kekuatan angkatan laut Rusia yang paling kuat. Mereka dirancang dan dibangun untuk berbagai operasi.

BACA JUGA:Bangunan Estetik, 5 Tempat Nongkrong Hits di Medan Ada yang Berusia Lebih dari 100 Tahun!

Termasuk pertempuran dengan kapal permukaan dan kapal selam musuh, serta operasi pesisir, pertahanan udara, penjagaan perbatasan dan kerja sama dengan marinir.

Rencananya masih ada tujuh unit Gorshkov class yang akan dibangun untuk memperkuat Armada Utara, Laut Hitam dan Pasifik.

Gorshkov class dilengkapi dengan beberapa jenis senjata maut, termasuk rudal jelajah Kalibr. Frigat ini juga dapat membawa rudal jelajah anti kapal hipersonik Tsirkon.

Sekilas tentang Admiral Gorshkov Class, frigat ini digarap Rusia dalam kode Project 22350. Dibangun oleh galangan Severnaya Verf di Saint Petersburg,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: