Mengembangkan dan Mengoptimalkan Pemanfaatan Aset Sekolah

Mengembangkan dan Mengoptimalkan Pemanfaatan Aset Sekolah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saat menggelar Rapat Kordinasi dan Evaluasi Pengurus Barang Sekolah - Foto : Wahyu/Pagaralampos-Foto : Net-Net

PAGARALAM, PAGARALAMPO.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam melakukan Rapat Kordinasi dan Evaluasi Pengurus Barang Sekolah.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 71 peserta yang meliputi pengurus barang Sekolah Negeri mulai dari TK, SD, SMP, dan SPNF SKB, yang dilaksanakan selama tiga hari di Gedung Seminar Gunung Gare Kota Pagaralam, dari tanggal 19-21 Desember 2023.

“Kegiatan ini merupakan pengarahan dan mengawal pengurus barang dalam melaporkan aset sekolah secara tepat waktu di setiap semester nya, serta melakukan evaluasi pada laporan-laporan aset sebelumnya,” ujar Cholmin Heryadi MPd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam didampingi Sekretaris Dikna Drs Budi Santoso Msi.

Sealin itu, dikatakan Cholmin kegiatan ini juga sekaligus melakukan pelatihan terhadap para pengurus barang sekolah mengenai pelaporan aset sekolah dalam bentuk aplikasi simda aset.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Sumsel dan Poltekpar teken MoU

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan baik tingkat SD dan SMP tentang meningkatkan kinerja pengelolaan barang milik daerah di Lingkungan Dinas Pendidikan.

Mengembangkan dan mengoptimalkan pemanfaatan aset sekolah, mencari sumber permasalahan-permasalahan serta solusi yang dialami pengurus barang sekolah. 

“Pelatihan tersebut dilakukan dengan cara interaktif berupa diskusi dan mengajak peserta untuk menggali permasalahan yang banyak terjadi kemudian mencari referensi solusinya ke dalam peraturan yang relevan,"ungkkapnya.

Peningkatan kemampuan pengelolaan aset sekolah ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan yang diakibatkan oleh langkah kerja yang tidak didasarkan pada peraturan yang relevan atau kesalahan penafsiran terhadap peraturan.”

BACA JUGA:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Pelatihan Aplikasi Online Bagi Operator Sekolah

Dengan adanya pelatihan ini Pemerintah berharap semoga dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan aset, dan dapat melanjutkan keberhasilan Pemkot Kota Pagaralam dalam melakukan perbaikan pencatatan aset tetap." pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: