Inilah Tiga Lokasi Kandidat Bakal Basis Kapal Selam Nuklir Australia

Inilah Tiga Lokasi Kandidat Bakal Basis Kapal Selam Nuklir Australia

Pelabuhan Newcastle juga diposisikan dekat dengan fasilitas pertahanan, pangkalan Angkatan Udara Williamtown. Kedekatannya dengan pangkalan udara menawarkan perlindungan yang lebih baik untuk kapal selam.

Dukungan Fasilitas Nuklir

Port Kembla juga terletak dekat dengan satu-satunya reaktor nuklir Australia, yang dijalankan oleh Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO) di Lucas Heights. Pietro mengatakan memiliki akses ke tenaga kerja ANSTO kemungkinan akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah.

BACA JUGA:First Kill, Frigat FREMM AL Perancis Tembak Jatuh Drone Kamikaze di Laut Merah

“Memiliki reaktor di dekatnya tidak diperlukan karena kapal selam terisi penuh dan reaktor nuklir disegel di atasnya, tetapi memiliki keahlian di ANSTO akan sangat membantu,” katanya.

Akses Langsung ke Perairan Dalam

Terlepas dari profil populasi yang sama dari ketiga lokasi tersebut, ada perbedaan yang signifikan ketika mempertimbangkan kesesuaian geografisnya. Pelabuhan Luar Port Kembla memiliki akses termudah ke keamanan perairan dalam. Hal tersebut menawarkan kemampuan untuk menyelam dengan sangat cepat.”

Mengedepankan kemampuan siluman, maka salah satu persyaratannya adalah kapal selam harus bergerak dari dermaga dan menyelam secepat mungkin. Dan bisa menjangkau perairan dalam secara cepat, tak pelak merupakan keuntungan strategis.

Untuk Brisbane, dikenal dengan kehadiran angkatan laut di pelabuhannya, dengan (Lanal) HMAS Moreton memberikan dukungan administratif dan logistik untuk mengunjungi kapal-kapal angkatan laut.

BACA JUGA:Jet Tempur Stealth TurkiDijadwalkan Terbang Perdana, Gemerasi Kelima KAAN

Namun, insinyur sipil Universitas Queensland Dr Alistair Grinham mengatakan salah satu masalah terbesar di pelabuhan Brisbane adalah risiko banjir dan penumpukan sedimen yang dapat merusak kapal selam.

Lantas bagaimana dengan Newcastle? Membangun pangkalan kapal selam di Pelabuhan Newcastle akan menghadapi tantangan tersendiri, pasalnya 50 persen aset pelabuhan dimiliki oleh perusahaan Cina.

Ketika pemerintah NSW memprivatisasinya pada tahun 2014 seharga US$1,75 miliar, China Merchants Port Holdings Company membeli 50 persen saham. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: