Tips Menyembuhkan Mata Bayi yang Belekan!

Tips Menyembuhkan Mata Bayi yang Belekan!

Tips Menyembuhkan Mata Bayi yang Belekan!-net-

PAGARALAMPOS.COM - Belek adalah kotoran mata yang biasanya muncul saat bangun tidur, terbentuk dari kumpulan air mata, lendir, minyak, dan debu di sudut mata. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan anak-anak.

Mata bayi belekan dapat dikatakan normal bila muncul pada kondisi tertentu, misalnya saat bayi bangun tidur. Akan tetapi, bila kotoran atau belek terus-menerus muncul hingga berbulan-bulan lamanya, hal ini bisa menjadi tanda bayi sedang mengalami gangguan pada matanya.

Apa Saja Penyebab Mata Bayi Belekan?

Penyebab mata belekan pada bayi tersebut adalah karena terjadi sumbatan kelenjar air mata. Awalnya, kondisi bawaan saat bayi baru lahir yang mana sistem aliran air matanya memang belum terbentuk sempurna (dakriostenosis) dan kemudian mengalami sumbatan. Penyabab lainnya yang dialami mayoritas bayi baru lahir adalah saluran air mata yang terlalu sempit.

Akan tetapi, jika belek terus-menerus terbentuk dalam jangka waktu lama, kondisi ini bisa saja disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang dapat dialami bayi saat proses persalinan normal.

BACA JUGA:Mengenal Kampus Unggulan, Inilah 5 Universitas Negeri Terfavorit di Palembang

Risiko infeksi akan semakin meningkat bila ibu menderita infeksi pada jalan lahir, misalnya gonore atau herpes. Pada kasus seperti ini, mata bayi belekan harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya komplikasi, seperti kebutaan.

Bagaimana Penanganan Mata Bayi Belekan?

Ketika Bunda melihat Si Kecil mengalami belekan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan belek atau kotoran pada matanya, yaitu:

- Cuci tangan hingga bersih sebelum dan sesudah membersihkan belek pada mata Si Kecil.

- Siapkan kapas bersih dan basahi dengan air hangat.

- Usap mata Si Kecil secara perlahan dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar. Ganti kapas setiap satu kali usapan.

- Ulangi hingga mata Si Kecil bersih dari belek dan kerak.

BACA JUGA:Misteri Yang Bikin Bingung, Inilah Kisah! Sejarah Gunung Kawi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: