Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II

Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II

Foto : Frigat kapal perang perusak.-Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II-Indomiliter.com

Bandingkan dengan kapal perusak kelas Arleigh Burke class II milik Angkatan Laut AS yang memiliki panjang 153 meter dan bobot muatan penuh sebesar 8.637 ton.

BACA JUGA:Kapal Perang Cina Mulai Berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Kamboja , Mendapat Sorotan Komunitas Pertahanan

Frigat F126 class awalnya dikenal sebagai Mehrzweckkampfschiff (Multi-Purpose Combat Ship/MKS 180), yang mana ‘180’ mengindikasikan penambahan awak yang direncanakan.

Frigat F126 class ditujukan untuk menggantikan fregat F123 Brandenburg class milik Angkatan Laut Jerman, yang empat diantaranya mulai beroperasi pada pertengahan tahun 1990-an.

“Dengan frigat F126, angkatan laut Jerman memiliki aset modern yang, di masa depan, dapat berfungsi sebagai pencegah dan pertahanan yang efektif bagi aliansi kita dan keamanan kita sendiri di semua operasi maritim dan wilayah operasional di seluruh dunia,” kata Siemtje Möller. Sekretaris Negara Parlemen di Kementerian Pertahanan Jerman.

Dalam hal desainnya, frigat F126 hanya diawaki 114 orang, yang akan dirotasi dengan interval empat bulan. Dengan cara ini, berkat desain yang sangat otomatis dan perawatan yang rendah, kapal akan dapat beroperasi terus menerus hingga dua tahun.

BACA JUGA:Kapolri dan Panglima TNI Berikan Bantuan Kesehatan Gratis di Maluku

Dengan menggunakan modul misi, frigat F126 akan dapat melakukan berbagai tugas, tergantung pada kebutuhan spesifik Angkatan Laut Jerman. Damen mengatakan bahwa pertukaran modul-modul ini dapat dilakukan dengan cepat.

Meskipun, sejauh ini, rinciannya hanya tersedia untuk modul misi perang anti-kapal selam, yang dikenal sebagai F126 MM ASW, yang sedang dikembangkan oleh Atlas Elektronik.

Frigat F126 class ditenagai propulsi Combined diesel-electric and diesel (CODLAD) – 4 × Gensets dan 2 × Electric drive motors, yang dapat membawa kecepatan maksimum 26 knots.

Dengan kecepatan jelajah 18 knots, kapal ini dapat menjelajah 7.400 km dan endurance berlayar selama 21 hari.

BACA JUGA:Kunker ke Maluku, Kapolri dan Panglima TNI Resmikan Mapolda dan Plaza Presisi Polda Maluku

Dari aspek persenjataan, frigat F126 class dibekali senjata 1× Otobreda 127/64 naval gun, rudal anti kapal 8× Kongsberg NSM Block 1a, 16× cells Mk 41 VLS untuk rudal hanud 64 ESSM Block 2B, 2× RIM-116 RAM CIWS launchers.

Kanon 27 mm Rheinmetall MLG 27 dan 12.7 mm Leonardo heavy machine guns. Frigat F126 dapat membawa dua helikopter NH90 Sea Tiger dan drone intai Saab Skeldar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: