Sukhoi Su-35 Rusia Luluhlantakkan Stasiun Radar Ukraina, Ternyata Gunakan Rudal Jenis Ini

Sukhoi Su-35 Rusia Luluhlantakkan Stasiun Radar Ukraina, Ternyata Gunakan Rudal Jenis Ini

Foto : Rudal pada pesawat jet Sukhoi Rusia.-Sukhoi Su-35 Rusia Luluhlantakkan Stasiun Radar Ukraina, Ternyata Gunakan Rudal Jenis Ini-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Untuk pertama kalinya Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi penggunaan rudal anti radiasi (anti radar) Kh-31PM dalam sebuah serangan udara yang menggunakan jet tempur multirole Sukhoi Su-35.

Dikutip dari RIA Novosti (4/12/2023), rekaman video pendek memperlihatkan sebuah Su-35 Rusia berhasil menghancurkan stasiun radar Angkatan Bersenjata Ukraina di arah Svatovsky.

Dalam salah satu penerbangan ke arah Svatovsky, radiasi (pancaran gelombang) dari stasiun radar Ukraina berhasil terdeteksi. Dan sebuah rudal udara ke permukaan Kh-31PM diluncurkan ke sasaran.

"Sebagai hasil dari peluncuran rudal yang dipandu pesawat, target stasiun radar Ukraina berhasil dihancurkan,” ujar sumber dari Kementerian Pertahanan Rusia.

BACA JUGA:Rusia Pamer Trio Rudal Maut Untuk Jet Tempur Stealth Sukhoi Su-57

Kh-31PM sejartinya adalah pengembangan dari Kh-31P, jenis rudal anti radiasi yang juga digunakan oleh Sukhoi Su-27/Su-30 Skadron Udara 11 TNI AU.


Foto : Pesawat jet Sukhoi Rusia.-Sukhoi Su-35 Rusia Luluhlantakkan Stasiun Radar Ukraina, Ternyata Gunakan Rudal Jenis Ini-Indomiliter.com

Kh-31PM adalah rudal anti radiasi dengan pelacak pasif (passive homing head) yang dirancang untuk melawan radar pertahanan udara, khususnya yang terkait dengan sistem Nike Hercules, Improved Hawk dan Patriot Amerika Serikat.

Rudal ini mempertahankan konfigurasi aerodinamis dan tata letak Kh-31P yang telah terbukti handal.

Kh-31PM menggunakan integral solid-propellant boost motor, diikuti oleh motor penopang ramjet berbahan bakar kerosene.

BACA JUGA:India Percepat Upgrade 272 Unit Su-30MKI Jadi Super Sukhoi, Tak Kalah Saing Dengan Cina dan Pakistan

Kh-31PM dapat melesat di level supersonik. Rudal ini telah dipadukan dengan peningkatan jumlah bahan bakar internal dan sistem kontrol yang dimodifikasi.

Modifikasi ini secara signifikan meningkatkan jangkauan rudal, namun memiliki efek minimal pada bobotnya.

Kh-31P menggunakan three optional seeker heads (L-111, L-112, L-113), tetapi untuk Kh-31PM Pabrik Omsk ‘Avtomatika’ (CKBA) telah mengembangkan improved multiband seeker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: