Kapal Induk Type 003 Fujian Dilengkapi Katapel Elektromagnetik, Fungsinya Untuk Apa Ya

Kapal Induk Type 003 Fujian Dilengkapi Katapel Elektromagnetik, Fungsinya Untuk Apa Ya

Foto Kapal Induk Cina-Kapal Induk Type 003 Fujian Dilengkapi Katapel Elektromagnetik, Fungsinya Untuk Apa Ya,-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Sejak peluncurannya pada 17 Juni 2022, apa yang dinantikan dari debut kapal induk terbaru Cina, Type 003 Fujian adalah tahap uji coba sistem ketapel elektromagnetik – Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS).

Maklum sebelum kapal induk berbobot 80.000 ton itu diserahkan ke Angkatan Laut Cina pada tahun 2025, maka semua pengujian harus dituntaskan, dalam hal ini ketepel elektromagnetik menjadi perhatian besar.

Kabar terbaru yang beredar di jagad media sosial, menyebut bahwa kapal induk Type 003 Fujian telah memulai uji sistem ketapel elektromagnetiknya, menjadikannya Angkatan Laut Kedua setelah Angkatan Laut AS yang memiliki teknologi EMALS.

Penggemar militer Cina pertama kali berbagi rekaman dari pengujian sistem ketapel elektromagnetik di platform media sosial Cina Weibo pada 26 November 2023.

BACA JUGA:Diam Diam Kazaktan Ikuti Jejak Uzbekistan, Kepincut Beli Jet Tempur Rafale

Video ini direkam dari pesawat terbang di atas fasilitas galangan kapal di mana Fujian saat ini berlabuh.

Bandara Internasional Pudong Shanghai sangat dekat dengan galangan kapal, dan video dan gambar yang diambil oleh para penumpang sering memberikan laporan kemajuan tentang kapal induk 80.000 ton.

Yang pertama di negara itu dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik dan perangkat yang menangkap.

Video tersebut menunjukkan peluncuran dan penurunan kendaraan uji dari salah satu dari dua posisi ketapel ke dalam air di depan haluan Fujian. Ini disebut “muatan mati”-yang umum untuk pengujian semua kapal induk yang dilengkapi dengan ketapel.

BACA JUGA:Kapolri Tegaskan Kesiapan Menghadapi Praperadilan yang Diajukan Firli

Sebelumnya, berdasarkan foto satelit pada 17 Oktober 2023, menunjukkan bahwa para pekerja telah mengambil langkah yang telah lama diharapkan.

Untuk menghapus tempat penampungan lingkungan yang mencakup tiga ketapel kapal, menunjukkan bahwa pekerjaan utama pada sistem katapel telah selesai.

Ketapel elektromagnetik akan memungkinkan bagi Fujian untuk meluncurkan pesawat sayap tetap yang lebih berat dan lebih besar dengan beban bahan bakar dan senjata yang lebih besar.

Sebagai contoh, kapal induk USS Gerald R. Ford terbaru Angkatan Laut AS menampilkan sistem peluncuran ketapel elektromagnetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: