Polandia Akuisisi Mobile Radar Intai Jarak Jauh P-18PL, Ternyata Kemampuannya Sejauh Ini

Polandia Akuisisi Mobile Radar Intai Jarak Jauh P-18PL, Ternyata Kemampuannya Sejauh Ini

Foto : Penampakan radar yang dipasang pada Ranpur.-Polandia Akuisisi Mobile Radar Intai Jarak Jauh P-18PL, Ternyata Kemampuannya Sejauh Ini-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Dalam kerangka modernisasi dan peralihan dari sistem senjata standar era Soviet ke standar NATO, Polandia telah menggandeng Korea Selatan untuk kerja sama akuisisi alutsista besar-besaran.

Namun, untuk urusan radar permukaan (ground radar) intai jarak jauh, Polandia rupanya fokus pada industri pertahanan dalam negeri yang telah mempunyai rekam jejak dalam produksi radar permukaan.

Dari defence-blog.com (24/11/2023) yang mengutip informasi dari analis OSINT Jarosław Wolski pada 23 November 2023, melaporkan bahwa dalam sebuah percakapan, antara Brigadir Jenderal Polandia Artur Kuptel, Kepala Badan Persenjataan Republik Polandia, mengkonfirmasi kontrak yang akan datang pada akhir tahun untuk P-18PL mobile long-range radar systems.

Radar P-18PL dikembangkan oleh konsorsium yang dipimpin oleh PIT-Radwar dan Military University of Technology.

BACA JUGA:Kedati Kemampuan Jelajah Meningkat 25 Persen, Namun CFT Memiliki Kelemahan Pada Jet Tempur Rafale

Proyek radar P-18PL, yang dimulai pada tahun 2012, kini siap untuk diintegrasikan ke dalam sistem pertahanan udara (hanud) anti pesawat dan anti rudal Polandia.

P-18PL dirancang untuk mendeteksi berbagai ancaman, termasuk pesawat konvensional, ancaman dengan penampang radar rendah (wahana stealth), dan target balistik.


Foto : Penampakan radar yang dipasang pada Ranpur.-Polandia Akuisisi Mobile Radar Intai Jarak Jauh P-18PL, Ternyata Kemampuannya Sejauh Ini-Indomiliter.com

Radar ini juga dapat berfungsi sebagai alat pengawasan untuk sistem rudal hanud dan sebagai sumber informasi untuk sistem pertahanan udara yang terintegrasi.

Desain P-18PL yang mobile dapat meningkatkan kemampuan bertahan dalam mendukung fleksibilitas operasional.

BACA JUGA:Jerman dan Norwegia Kembangkan Rudal Anti Kapal 3SM Tyrfing, PAGARALAMPOE. COM

P18PL mampu beroperasi dalam mode aktif dan pasif, dan dapat diintegrasikan dengan jaringan Link 16 dan JREAP-C (Joint Range Extension Application Protocol), P-18PL merupakan tambahan yang berharga untuk sistem pertahanan udara Wisła dan Narew Polandia.

JREAP-C (Joint Range Extension Applications Protocol – C) adalah sebuah protokol komunikasi data militer yang digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat dan sekutunya.

Protokol ini dirancang untuk mendukung pertukaran data taktis dan pesan-pesan militer antara sistem komunikasi dan platform sensor di medan perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: