Kedati Kemampuan Jelajah Meningkat 25 Persen, Namun CFT Memiliki Kelemahan Pada Jet Tempur Rafale

Kedati Kemampuan Jelajah Meningkat 25 Persen, Namun CFT Memiliki Kelemahan Pada Jet Tempur Rafale

Foto : Jet Tempur.-Kedati Kemampuan Jelajah Meningkst 25 Persen, Namun CFT Memiliki Kelemahan Pada Jet Tempur Rafale-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Penggunaan Conformal Fuel Tanks (CFT) pada jet tempur punya beragam keunggulan, disamping ada kelemahan dalam aspek teknis dan biaya operasi.

Dan di antara keunggulan CFT, yang paling dominan adalah peningkatan jangkauan operasi dari jet tempur itu sendiri.

Setelah desain CFT lumayan dikenal pada jet tempur F-15 Eagle , F-16 Fighting Falcon, F/A-18 Super Hornet dan Eurofighter Typhoon, maka yang mungkin terlupakan adalah jet tempur Dassault Rafale faktanya juga telah disiapakan dengan CFT.

Adopsi CFT pada dasarnya dikedepankan bagi Angkatan Udara yang tak ingin bergantung pada dukungan pesawat tanker atau keberadaan pangkalan aju dalam operasi untuk penerbangan jarak jauh.

BACA JUGA:Dubes Belgia Untuk Indonesia Kunjungi PT Pindad

Terkhusus tentang jet tempur Rafale yang mulai tahun 2026 akan memperkuat arsenal TNI AU, dari sejarahnya pernah dipersiapkan oleh Dassault Aviation.

Untuk dipasangkan CFT. Terutama untuk kebutuhan Angkatan Laut Perancis yang mengoperasikan jet tempur dari kapal induk.


Foto : Jet Tempur.-Kedati Kemampuan Jelajah Meningkst 25 Persen, Namun CFT Memiliki Kelemahan Pada Jet Tempur Rafale-Indomiliter.com

Desain CFT pada Rafale diluncurkan Dassault Aviation pada Juni 2001, CFT dengan kapasitas 1.150 liter (300 US gal) per tangki telah diuji penerbangan dalam beberap bulan sebelum diluncurkan.

Saat itu, skadron pertama angkatan laut Perancis, Flottille 12F, telah menerima lima jet tempur Rafale, empat di antaranya mengikuti latihan di atas kapal induk Charles de Gaulle.

BACA JUGA:Jerman dan Norwegia Kembangkan Rudal Anti Kapal 3SM Tyrfing, PAGARALAMPOE. COM

Dassault menyebut CFT sebagai ‘paket cepat’. Panjang CFT pada Rafale mencapai 7,5 meter. CFT dapat dipasang pada Rafale dengan satu dan dua kursi. Dassault Aviation mengatakan bahwa komponen dan sistem CFT dapat dilepas dalam waktu kurang dari 2 jam.

Dassault Aviation mengklaim dengan tambahan 2.300 liter bahan bakar memberikan peningkatan jangkauan 20-25 persen.

Dassault Aviation saat itu mengatakan konfigurasi Rafale dengan CFT diperkirakan akan menarik minat banyak negara yang tidak memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: