Begini Performa Helikopter Serang AH-64E Apache India, Mampu Beroperasi di Ketinggian Ekstrim Himalaya

Begini Performa Helikopter Serang AH-64E Apache India, Mampu Beroperasi di Ketinggian Ekstrim Himalaya

PAGARALAMPOS.COM - India dikenal punya geografi menantang, yang salah satunya dicirikan dari wilayah pegunungan tinggi di Himalaya, yang juga dikenal sebagai kawasan rawan konflik karena berbatasan dengan Cina.

Beberapa pangkalan militer India di Himalaya diketahui dibangun di atas ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut (mpdl).

Sebut saja Daulet Beg Oldi yang dikenal sebagai bandara militer tertinggi di dunia (4.411 mpdl).

Untuk pesawat sayap tetap (fixed wing) saja membutuhkan spesifikasi khusus untuk beroperasi di ketinggian tersebut.

BACA JUGA:Penyelam Angkatan Laut Australia Diserang Sonar Kapal Perusak AL Cina

Apalagi untuk helikopter, dipastikan helikopter harus mempuyai kekuatan mesin yang memadai dan beberapa perangkat untuk penyesuaian beroperasi di ketinggian ekstrim.


Foto : Helikopter India.-Begini Performa Helikopter Serang AH-64E Apache India, Mampu Beroperasi di Ketinggian Ekstrim Himalaya-Indomiliter.com

Salah satu helikopter yang diandalkan militer India untuk beroperasi di wilayah pegunungan adalah Mi-17 buatan Rusia.

Dengan dinamika konflik di perbatasan, khususnya pada wilayah pegunungan tinggi, maka ada keinginan dari angkatan bersejata India untuk bisa mengoperasikan helikopter serang Boeing AH-64E Apache di wilayah pegunungan tinggi.

Dikutip tribuneindia.com (16/11/2023), dikabarkan Angkatan Udara India sedang mengembangkan sarana untuk menempatkan helikopter serang Apache di pangkalan.

BACA JUGA:13 Pati Dilingkup Polri Naik Pangkat Lebih Tinggi, Cek Nama san Jabatnnya Disini

Dengan ketinggian ekstrim di wilayah sepanjang Garis Kendali Aktual – Line of Actual Control (LAC) yang berbatasan dengan Cina.

Apa yang kami lihat adalah mengembangkan agregat awal yang dapat menghasilkan keluaran listrik, hidrolik, dan pneumatik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin helikopter pada ketinggian 16.000 kaki (4.876 mpdl),” kata seorang perwira Angkatan Udara India. Peralatan tersebut akan diangkut dengan helikopter Mi-17.

Hal ini akan memungkinkan helikopter serang ditempatkan di beberapa tempat yang lebih dekat dengan LAC, sehingga mengurangi waktu reaksi dalam situasi darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: