Filipina Modernisasi Sistem Hanud, Dua Radar Intai Jarak Jauh Dipasok Mitsubishi Electric

Filipina Modernisasi Sistem Hanud, Dua Radar Intai Jarak Jauh Dipasok Mitsubishi Electric

PAGARALAMPOS.COM - Berada di ujung konflik dengan Cina, Filipina dengan dukungan Amerika Serikat dan sekutunya pelan tapi pasti terus memodernisasi alutsistanya.

Meski jarang terdengar, Kementerian Pertahanan Filipina tidak melupakan pengadaan sistem radar intai untuk pertahanan udara.

Namun di luar kelaziman, Filipina tidak mengakuisisi radar intai dari negara-negara ‘klasik’ produsen radar yang selama ini kita kenal, melainkan yang diakusisi adalah radar intai hanud buatan Jepang.

Dari armyrecognition.com yang mengutip Asian Military Review pada 3 November 2023, disebut bahwa Jepang telah berhasil mentransfer batch perdana sistem radar pengawasan udara yang diproduksi oleh Mitsubishi Electric Corporation (MELCO) ke Filipina.

BACA JUGA:AU Australia Jajal ‘Temporary Shelter Dengan Jaring Kamuflase

Kontrak senilai US$103,5 juta mencakup sistem radar pengawasan udara yang terdiri dari tiga sistem radar tetap jarak jauh (fixed long-range radar systems).


Foto : Ranpur pengangkut radar.-Filipina Modernisasi Sistem Hanud, Dua Radar Intai Jarak Jauh Dipasok Mitsubishi Electric-Indomiliter.com

Satu sistem radar bergerak (mobile radar system), yang disetujui oleh Menteri Pertahanan Filipina saat itu Delfin Lorenzana pada 28 Agustus 2022.

Pengadaan radar ini bagian dari Horizon 2 Air Surveillance Radar System acquisition project untuk angkatan bersenjata Filipina.

Sistem radar pengawasan udara pertama dikirim ke Angkatan Udara Filipina pada bulan Oktober 2023, dan MELCO saat ini sedang memproduksi tiga sistem radar yang tersisa, dengan jadwal pengiriman yang tidak diungkapkan.

BACA JUGA:Begini Penampakan Amfibi 19 8×8 – IFV Alutsista China, Dikabarkan Turret Tanpa Awak

Meskipun jenis radar spesifik tidak ditentukan dalam pengumuman, namun besar kemungkinan Filipina akan menerima versi upgrade dari radar Active Electronically Scaned Array (AESA) J/FPS-3 dan radar mobile J/TPS-P14.

Dikembangkan dan diproduksi oleh Mitsubishi Electric Corporation, sistem radar pengawasan udara J/FPS-3 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989.

Sistem radar ini menggunakan teknologi active phased array yang memberikan kemampuan deteksi dan pelacakan tingkat lanjut dibandingkan dengan sistem radar tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: