Helikopter AKS Sikorsky CH-148 Cyclone Kanada Dikepret Jet Tempur Cina Shenyang J-11

Helikopter AKS Sikorsky CH-148 Cyclone Kanada Dikepret Jet Tempur Cina Shenyang J-11

Foto : Alutsista Kanada.-Helikopter AKS Sikorsky CH-148 Cyclone Kanada Dikepret Jet Tempur Cina Shenyang J-11-Indomiliter.com

BACA JUGA:Mau Ganti Ban Motor, Pastikan Kamu Pilih 3 Merek Ini, Bisa Tubeles Juga

Yang kedua juga terjadi di perairan internasional di luar 23 mil dari Paracel. Kapal perang tersebut beroperasi di perairan internasional 100 mil (160 kilometer) timur Paracel pada saat itu.

Helikopter CH-148 Cyclone Kanada sedang mencari kapal selam yang terdeteksi sebelumnya ketika insiden itu terjadi.

Dalam pertemuan sebelumnya, Millen mengatakan pesawat tempur Cina terbang berputar-putar di sekitar helikopternya.

“Ketika pesawat yang mencegat semakin dekat, pada titik tertentu menjadi tidak aman,” ujarnya. Helikopternya mengalami turbulensi yang berasal dari jet tempur Cina, yang juga menimbulkan bahaya bagi helikopter tersebut, kata Millen.

BACA JUGA:Kejayaan Majapahit Dipimpin Tribhuwana Tunggadewi, Siapa Sosok Ratu Jelita Ini

Millen mengatakan dia menyudari ‘pertemuan’ itu dengan turun ke ketinggian 200 kaki, sebuah area di mana helikopter dapat beroperasi tetapi sangat tidak nyaman untuk jet tempur yang melesat dengan kecepatan tinggi.

Mayor angkatan udara Kanada mengatakan awak udara militernya sedang berlatih bagaimana menanggapi pencegatan seperti yang terjadi pada hari Minggu dan akan terus terbang di atas perairan internasional Laut Cina Selatan.

Ketika ditanya tentang intersepsi tersebut pada konferensi pers reguler pada hari Jumat, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin menjawab.

“Kami telah berulang kali menegaskan posisi tegas kami terhadap pesawat tempur Kanada yang melakukan pengintaian di dekat wilayah udara Cina,” katanya kepada wartawan.

BACA JUGA:Polres Pagar Alam Gelar Apel Konsolidasi Pengamanan Penetapan dan Pengumuman DCT Pemilu 2024

"Kami berharap Kanada akan menahan diri dari perilaku tidak pantasnya untuk menghindari situasi menjadi lebih rumit,” ujar Kementerian Luar Negeri Cina.

Frigat Halifax punya berat 4.750 ton, lebar 16,4 meter dan panjang keseluruhan 134,65 meter. Halifax class didorong oleh dua poros dengan baling-baling pitch Escher Wyss.

Yang digerakkan oleh sistem CODOG (Combined diesel or gas) dari dua turbin gas General Electric LM2500 yang menghasilkan 47.500 hp dan satu mesin diesel SEMT Pielstick 20 PA6 V 280, menghasilkan 8.800 hp.

BACA JUGA:Terbaru di Bogor! Inilah Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: