Tandingi Cina, Jepang Uji Tembak Electromagnetic Railgun Di Laut

Tandingi Cina, Jepang Uji Tembak Electromagnetic Railgun Di Laut

Foto : Senjata elktromagnetic.-Tandingi Cina, Jepang Uji Tembak Electromagnetic Railgun Di Laut-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Pencapaian Angkatan Laut Cina pada pengujian Electromagnetic Railgun tak pelak membuat cemas negara-negara di sekitarnya. Terkhusus Jepang yang dikenal adidaya dalam hal teknologi, tentu tak tinggal diam melihat apa yang telah dilakukan Cina.

Badan Teknologi & Logistik Akuisisi – Acquisition Technology & Logistics Agency (ATLA) Jepang, lewat akun X (Twitter) mewartakan telah berhasil menguji penembakan medium caliber maritime Electromagnetic Railgun di platform lepas pantai.

ATLA menyebut ini adalah pertama kalinya uji coba berhasil dilakukan Jepang. ATLA, adalah bagian dari Kementerian Pertahanan Jepang, dalam uji cona ini dilakukan bekerja sama dengan pihak Angkatan Laut Jepang.

Dikutip dar TheDrive.com (17/10/2023), prototipe Electromagnetic Railgun ATLA pertama kali terlihat pada bulan Mei 2023.

BACA JUGA:Woow, Komplotan Curat Bobol Villa di Pagar Alam, Gasak Berlian Ratusan Juta, Pelakunya Diringkus di Bengkulu

Disebut bahwa senjata ini mampu menembakkan proyektil baja 40 mm dengan berat 320 gram. Railgun mengandalkan elektromagnet daripada propelan kimia untuk menembakkan proyektil dengan kecepatan sangat tinggi, bahkan sampai level hipersonik.

Electromagnetic Railgun ATLA dalam uji coba dapat menembakkan peluru dengan kecepatan sekitar 2.230 meter per detik (setara Mach 6.5).

Peluru ini menggunakan energi muatan lima megajoule (MJ), atau 5 juta joule (J). Nantinya ATLA bermaksud untuk menjalankannya dengan energi muatan 20 MJ.

Kuat dugaan nantinya Electromagnetic Railgun ATLA akan menjadi kelengkapan sistem senjata pada kapal perusak generasi baru Jepang.

BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan Ajak Jaga Harkamtibmas Jelang Pemilu 2024

Dengan kecepatan lesat proyektil yang mencapai level hipersonik, maka jenis Electromagnetic Railgun dipandang sangat ideal untuk menghancurkan target di udara dan permukaan laut.

Sementara AL Cina menyebut Electromagnetic Railgun sebagai Gauss cannon. Gauss cannon disebut dapat melontarkan proyektil seberat 124 kg dengan kecepatan 700 km per jam dalam waktu 0,05 detik.

Para ilmuwan Cina yang terlibat mengklaim bahwa proyektil dapat meluncur dengan kecepatan sangat tinggi tanpa kehilangan akurasi

Gauss cannon adalah sejenis akselerator massa elektromagnetik. Larasnya terbuat dari bahan dielektrik dan dipasang di dalam solenoid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: