Washington Bekingi Israel, Pasok Rudal Iron Dome Untuk Pertahanan Udara

Washington Bekingi Israel, Pasok Rudal Iron Dome Untuk Pertahanan Udara

PAGARALAMPOS.COM - Sejatinya sistem hanud (pertahanan udara) Iron Dome terbilang canggih dan efektif untuk menangkal serangan rudal dan roket.

Namun, dalam kasus serangan milisi Hamas pada 7 Oktober 2023, lebih dari 5.000 roket yang dilepaskan Hamas dari wilayah Lebanon, sontak membuat sistem hanud Israel, termasuk Iron Dome dibuat kewalahan.

Sebagai solidaritas kepada sekutu abadinya di Timur Tengah, Amerika Serikat langsung memberikan bantuan militer pada kesempatan pertama kepada Israel.

Dikutip dari bloomberg.com, disebut Pentagon telah mentransfer rudal pertama ke Israel dalam inventaris AS untuk sistem hanud Iron Dome guna mencegat roket Hamas.

BACA JUGA:Polri Tanam 250 Ribu Bibit Mangrove untuk Atasi Dampak Perubahan Iklim

Masih dari sumber yang sama, yang dikirim AS ke Israel adalah rudal Tamir – yang dimiliki AS namun ditempatkan di Israel.

Pejabat pertahanan di Washington menolak untuk mengatakan mengapa AS memiliki stok rudal Tamir di Israel atau di mana stok tambahan tersebut saat ini berada.

Rudal Tamir diproduksi oleh Rafael Advanced Defense Systems di Israel dengan komponen berasal dari RTX Corp di Arizona.

Pengiriman awal ini menggarisbawahi kesigapan militer AS untuk memasok persenjataan ke Israel. Presiden Joe Biden mengatakan setelah panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Selasa, dikatakan bahwa AS akan mengirimkan senjata tersebut.

BACA JUGA:Korsel Tampilkan Debut Perdana KF-21 Boramae Di Muka Publik Pada Seoul Airshow 2023

Satu baterai Iron Dome terdiri dari tiga hingga empat peluncur rudal dan radar dapat mempertahankan wilayah hampir 60 mil persegi.

Baterai Iron Dome bersifat mobile, dan pada pertengahan tahun 2021 Israel telah mengerahkan sepuluh baterai di seluruh negeri.

Menurut kontraktor militer AS Raytheon Technologies, pendahulu RTX, pada tahun 2014 mulai memproduksi Iron Dome bersama Rafael.

Angkatan Darat AS beberapa tahun lalu memasang dua baterai Iron Dome di Pangkalan Gabungan Lewis-McChord di negara bagian Washington.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: