Diembargo Kanada, Turki Gunakan Sensor Optik Hensoldt Argos II Dari Jerman

Diembargo Kanada, Turki Gunakan Sensor Optik Hensoldt Argos II Dari Jerman

Foto : Drone kamikaze Turki.-Diembargo Kanada, Turki Gunakan Sensor Optik Hensoldt Argos II Dari Jerman-Indomiliter.com

BACA JUGA:Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu Dimulai 17 Oktober 2023, Polri Deklarasi Anti Hoax

Dan bebas dari komponen apa pun yang diatur oleh undang-undang ekspor Jerman atau Peraturan Lalu Lintas Senjata Internasional AS – US International Traffic in Arms Regulations (ITAR).

Yang mengontrol ekspor berbagai peralatan dan teknologi militer yang dapat digunakan dalam senjata.

Selain Hensoldt dengan Argos II, L3Harris Wescam, anak perusahaan kontraktor pertahanan AS L3 Harris Technologies di Kanada,

juga pernah memasok teknologi drone ke Turki di masa lalu. Pemerintah Kanada melakukan embargo izin ekspor barang dan teknologi militer ke Turki.

BACA JUGA:Tampil Garang Raider X – Prototipe Helikopter Scout’ Generasi Mendatang US Army,

Alasan embargo Kanada terkait sistem pencitraan dan penargetan Wescam yang digunakan pada Bayraktar TB2 dalam konflik di Nagorno-Karabakh.

Kanada resmi membelakukan embargo pada April 2021 setelah menemukan bukti yang dapat dipercaya bahwa drone Bayraktar TB2, yang dilengkapi dengan sensor Wescam, telah digunakan dalam konflik tersebut.

Pemerintah Kanada mengatakan pada saat itu Wescam telah meninjau gambar yang dibagikan oleh Armenia dan mengonfirmasi pengiriman sistem dengan nomor seri yang sama ke Turki pada tahun 2020.

Penjualan drone TB2 telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Baykar mengatakan pihaknya telah menandatangani perjanjian ekspor dengan 30 negara untuk drone tersebut. Sejak tahun 2018, pelanggannya termasuk Ukraina, Ethiopia, Libya dan Azerbaijan.

BACA JUGA:4 Dekade Melayang Diudara, Pesawat Tanker KC-10A Extender Resmi Jalani Misi Tempur Terakhirnya

Pada bulan Desember 2021, seorang pejabat senior Barat mengatakan Washington memiliki “keprihatinan kemanusiaan yang mendalam” atas penjualan drone TB2 ke Ethiopia, yang dapat melanggar pembatasan ekspor AS ke negara tersebut.

Pada bulan Mei 2021, Departemen Luar Negeri A.S. menyatakan telah memberlakukan pembatasan luas terhadap bantuan ekonomi dan keamanan ke Ethiopia.

Ethiopia menuduh AS ikut campur dalam urusan negaranya. Konflik antara pemerintah Ethiopia dan pemimpin wilayah Tigray utara menewaskan ribuan warga sipil dan membuat jutaan orang mengungsi.

Argos II dari Hensoldt adalah sistem kamera elektro-optik dan inframerah (EO/IR) yang dikembangkan oleh Hensoldt, sebuah perusahaan pertahanan dan keamanan Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: