Fakta Menarik! Banyak Ditemukan Ratuan Batu Nisan Kuno di kawasan Bendungan Keureuto, Lantas Makam Siapakah It

Fakta Menarik! Banyak Ditemukan Ratuan Batu Nisan Kuno di kawasan Bendungan Keureuto, Lantas Makam Siapakah It

Fakta Menarik! Banyak Ditemukan Ratuan Batu Nisan Kuno di kawasan Bendungan Keureuto, Lantas Makam Siapakah Itu?-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Tim arkeolog Badan Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah I Aceh menemukan ratusan makam kuno di kawasan Bendungan Keureuto, Bupati Aceh Utara. Batu nisan tersebut diyakini merupakan peninggalan peradaban Islam Samudra Pasai abad ke-13.

Menurut informasi, batu nisan model Perlak berbentuk seperti vas dengan alas datar yang dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu bagian pasak yang menahan beban agar batu nisan dapat berdiri tegak.

Bagian kaki kemudian ditandai dengan titik-titik berbentuk dua garis  horizontal untuk memisahkan area pergelangan kaki dengan area tubuh.

Ketiga, badannya ditandai dengan tepi vertikal yang membentuk lekukan menyerupai panggul.

BACA JUGA:Temukan Ratusan Batu Nisan Kuno di Aceh! Begini Pendapat Para Arkeolog

Hal ini diketahui dari bentuk  nisan kuno yang memiliki nisan khas  Aceh mirip gaya Perlak dan gaya Samudera Pasai.

Ratusan batu nisan kuno di Aceh Utara dan Bener Meriah terkena dampak proyek Bendungan Krueng Keureuto.

Warga meminta mereka yang bertanggung jawab melaksanakan proyek tersebut untuk berhenti menghancurkan batu nisan, sementara para arkeolog merekomendasikan untuk melakukan inventarisasi dan memastikan keamanan.

Redelong - Wakil Ketua Balai Pelestarian Kebudayaan Daerah I (BPK)  Aceh, Toto Haryanto, belum bisa menyimpulkan jenis ratusan batu nisan yang terdampak pembangunan Waduk Krueng Keureuto, Aceh Utara dan Bener Meriah.

BACA JUGA:Jarang Orang Tau! Ini 4 Ban Motor yang Miliki Kualitas Mantap yang Tahan Lama

Namun menurut dugaan awal, ratusan batu nisan tersebut berkaitan dengan peradaban Muslim Samudera Pasai.

"Kita belum dapat menyimpulkan, sebab harus ada penelitian lain dengan metode khusus," ujar Toto kepada HabaAceh.id, Sabtu (19/8).

Toto merupakan Ketua Tim Survey Arkeolog yang langsung turun ke lokasi setelah adanya kabar terkait temuan makam kuno yang terkena imbas Proyek Strategis Nasional (PSN) Waduk Krueng Keureuto.

Ratusan makam tersebut berada di wilayah Paya Bakong, Aceh Utara, dan Kampung Simpur, Kecamatan Mesidah, Kabupaten Bener Meriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: