AL Perancis Luncurkan Rudal Anti Kapal Exocet MM40 Block 3c, Ternyata Target Begini Hancurnya

AL Perancis Luncurkan Rudal Anti Kapal Exocet MM40 Block 3c, Ternyata Target Begini Hancurnya

Dengan tambahan 31 rudal MM40 Block 3c yang akan dikirimkan pada tahun 2023. Jumlah total rudal yang dipesan AL Perancis adalah 55 unit.

BACA JUGA:HUT Divisi Humas ke-72 Dirayakan Dengan Kegiatan Kemanusiaan

Yang menarik, Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis juga memesan 45 unit “MM40 Block 3c kit”, yang pertama (total empat) akan dikirim pada September tahun depan.

MM40 Block 3c kit akan digunakan untuk mengubah rudal MM40 Block 3 menjadi varian MM40 Block 3c terbaru.

Dibandingkan dengan varian MM40 Block 3 (yang juga digunakan TNI AL), maka varian “Block 3c” dilengkapi new digital RF (radio frequency) seeker produksi Thales. Label “c” pada rudal anti kapal ini berarti coherent (koheren).

Manfaat paling penting dari Coherent Radar Processing adalah kemampuan untuk membedakan perbedaan kecepatan yang relatif kecil (yang sesuai dengan perbedaan kecil dalam fase).

BACA JUGA:Antisipasi Kebakaran di TPA Padang Karet, Kapolsek Pagar Alam Selatan Lakukan Upaya Ini

Teknologi pemrosesan target yang koheren ini menawarkan resolusi/estimasi Doppler dan memberikan lebih sedikit interferensi dan manfaat sinyal/noise dibandingkan dengan pemrosesan yang tidak koheren.

Exocet MM40 Block 3c diklaim lebih tahan terhadap sistem jamming terbaru dan mungkin (setidaknya di atas kertas) bahkan dapat mengenali kapal permukaan, berkat penggunaan bentuk gelombang canggih:

Ini berarti bahwa sistem pencari berpotensi akan dapat mengenali kapal yang ditargetkan dalam sekelompok kapal dan berdampak pada area tertentu dari target tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: