Jerman-Perancis Kembangkan MBT Next Generation, Kabarnya Menghadapi Perang Dimasa Depan

Jerman-Perancis Kembangkan MBT Next Generation, Kabarnya Menghadapi Perang Dimasa Depan

Kendati tak menyebutkan detail spesifikasi Next Generation Tank, Lecornu, mengungkapkan bahwa tank tersebut bukanlah Leopard baru ataupun Leclerc baru.

BACA JUGA:Bikin Ngeri Negara Dunia, Beginilah Penampakan Bom Laut AL Soviet Terasang di Korvet dan Frigat

Itu berarti, secara garis besar, tank masa depan Perancis-Jerman minim inovasi. Satu hal yang pasti adalah fungsi tembakan klasik tidak akan hilang.

Namun demikian, sentuhan masa depan pada tank tersebut tak terelakkan. MGCS Jerman-Perancis disebut akan memiliki pilihan berawak ataupun berawak.

Dilengkapi dengan senjata elektromagnetik, senjata elektronik dalam perang elektronik, senjata laser, keamanan siber.

Hingha fungsi kecerdasan buatan untuk mengkoordinasikan serangan dengan alutsista lainnya.

BACA JUGA:Taiwan Pamer Helikopter Apache AH-64 Livery Hiu Macan, Simbol Agresivitas Lawan Cina?

Walau canggih, MGCS disebut tetap membutuhkan dukungan lainnya, seperti drone, sistem pertahanan kuat dan canggih, dan Alutsista lainnya.

Perancis telah memasukkan €500 juta (US$533 juta) dalam anggaran militer tahun 2024-2030 untuk proyek MGCS. Angka sebesar itu belum termasuk modernisasi MBT Leclerc.

Jerman dan Perancis bukan kali pertama bekerja sama memperkuat MBT masing-masing. Sebelumnya, lewat KNDS Group, keduanya sudah memodernisasi platform MBT Leopard 2A7 dan MBT Leclerc, melahirkan Enhanced Main Battle Tank (EMBT) baru hasil dari kawain silang keduanya.

EMBT itu diproyeksi mampu beroperasi sampai tahun 2035, sebelum nantinya digantikan Next Generation Tank Franco-German. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: