Gantikan C-130 Hercules, Austria Resmi Order Empat Unit Embraer C-390 Millennium

Gantikan C-130 Hercules, Austria Resmi Order Empat Unit Embraer C-390 Millennium

PAGARALAMPOS.COM - Slogan “Hercules hanya dapat digantikan dengan Hercules” rupanya tidak berlaku di Austria, Kementerian Pertahanan Austria pada 20 September 2023, mengumumkan keputusan untuk memilih pesawat angkut Embraer C-390 Millennium produksi Brasil sebagai solusi transportasi taktis barunya.

Persisnya, Angkatan Udara Austria akan mengakuisisi empat unit C-390 Millennium untuk menggantikan tiga unit C-130K Hercules yang sudah menua.

Kementerian Pertahanan Austria mengumumkan kesepakatan pengadaan empat unit C-390 yang diperkirakan bernilai lebih dari setengah miliar euro (US$532 juta).

Saat ini, armada pengangkut turboprop Austria (C-130) yang dibeli bekas 20 tahun lalu, telah berusia lanjut, yang mana dari segi usia, pesawat-pesawat itu kini berusia 56 tahun.

BACA JUGA:Masih Berdiri Kokoh, Mitos Gerbang Majapahit, Peninggalan Kerajaan Masa Lampaukah?

Untuk memperpanjang usia opersional C-130, maka diperlukan peningkatan (upgrade) sebesar hampir 37 juta euro, menurut laporan lembaga penyiaran publik Austria ORF.


Foto : Pesawat pengganti hercules.-Gantikan C-130 Hercules, Austria Resmi Order Empat Unit Embraer C-390 Millennium-Indomiliter.com

Dan setelah dievaluasi, armada C-130 Austria pada akhirnya harus ditarik dari layanan pada tahun 2030 dan biaya pemeliharaan untuk pesawat tua tersebut terus meningkat.

Dalam konferensi pers, Kementerian Pertahanan Austria mengatakan dana upgrade C-130 akan dialihkan untuk pembelian empat pesawat baru.

Kementerian pertahanan Austria mengatakan harga per unit C-390 diperkirakan antara 130 juta dan 150 juta euro, dan pesawat baru pertama mungkin tiba di Austria pada tahun 2026.

BACA JUGA:Smart Watch Pilihan Traveller, Komplit Fitur Fiturnya, Kamu Yang Hobi Jelong Jelong Jangan Ketinggalan

“Kontrak diperkirakan akan ditandatangani pada paruh pertama tahun depan,” kata pejabat pertahanan Austria.

“C-390 Millennium adalah satu-satunya pesawat di kelasnya yang memenuhi semua persyaratan Austria,” kata kementerian pertahanan dalam siaran pers.

Pesawat ini juga lebih besar dari C-130 Hercules Lockheed Martin dan mampu mengangkut helikopter Black Hawk atau ranpur ringan Pandur Evo dengan stasiun senjata terpasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: