Bikin Heboh! Penemuan Kerangka Panda Raksasa Berusia 2000 Tahun Ditemukan di Makam Kaisar Dinasti Han

Bikin Heboh! Penemuan Kerangka Panda Raksasa Berusia 2000 Tahun  Ditemukan di Makam Kaisar Dinasti Han

Bikin Heboh! Penemuan Kerangka Panda Raksasa Ditemukan di Makam Kaisar Dinasti Han -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Kerangka panda  raksasa ditemukan di makam seorang kaisar Tiongkok berusia 2.000 tahun.

Pada Rabu (16/8/2023), majalah Smithsonian mengutip kerangka yang ditemukan di makam Kaisar Wen dari Han, yang meninggal pada tahun 157 SM. mati

Mausoleum adalah ruang pemakaman atau bangunan makam yang luas dan megah.

Selain kerangka panda, masih banyak lagi kerangka hewan lain yang ada di mausoleum tersebut, seperti monyet kepalan emas, kerbau liar India, dan  bangau mahkota merah.

BACA JUGA:Paling Rekomended! 4 Merk Ban Motor ini Teruji Anti Licin dan Paling Awet dari yang Lain

Tim peneliti juga menemukan kerangka lengkap tapir Asia, mamalia yang saat ini terancam punah. Para arkeolog Tiongkok mengklaim telah menemukan kerangka lengkap seekor panda raksasa di makam kaisar Dinasti Han. Usia kerangkanya lebih dari 2000 tahun.

Panda raksasa tersebut konon dikorbankan untuk mengikuti Kaisar Wen ke alam baka. Pemerintahan kaisar ini berlangsung dari tahun 180 hingga 157 SM. SM

Sisa-sisa panda tergeletak di dalam  lubang dengan kepala mengarah ke kuburan.

Lokasi makam ini sendiri sekarang adalah di Kota Xian, Provinsi Shaanxi. Kota tersebut pernah jadi ibu kota China pada zaman dahulu, seperti dikutip dari South China Morning Post.

BACA JUGA:Ternyata Ritualnya Begini! Aduh 5 Suku ini Punya Tradisi Aneh dan Unik yang Diluar Nalar

Simbol Status Penguasa Han

Hu Songmei, seorang arkeolog di Shaanxi Academy of Archaeology mengatakan bahwa ini pertama kalinya kerangka panda yang lengkap ditemukan dalam makam seorang kaisar. 

Dia menyebut para arkeolog pernah menemukan tengkorak panda raksasa di makam ibu Kaisar Wen, Permaisuri Bo pada 1975. Kendati begitu, kerangka bagian tubuhnya tidak ditemukan.

Para arkeolog juga telah menemukan berbagai macam kerangka hewan liar. Hewan-hewan ini dipercaya sebagai simbol status para penguasa dinasti Han di makam kerajaan di Shaanxi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: