Selain Jupiter, Ternyata ini Planet Terbesar di Alam Semesta yang Bikin Takjub

Selain Jupiter, Ternyata ini Planet Terbesar di Alam Semesta yang Bikin Takjub -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - saat ini diklaim sebagai planet terbesar di tata surya.

Namun secara teknis, Jupiter bukanlah planet terbesar. Jika Anda mengambil skala yang lebih besar, ada planet yang lebih besar dari Jupiter. Jadi planet yang mana?

Menurut informasi yang dilansir BGR, Jumat (11 April 2019), NASA telah menemukan sebuah planet ekstrasurya (exoplanet) yang berukuran lebih besar dari Jupiter. Faktanya, massanya 13 kali massa Jupiter!

Planet ekstrasurya, bernama "OGLE-2016-BLG-1190Lb," ditemukan oleh para astronom NASA minggu lalu. Namun, mereka masih meragukan identitas planet ekstrasurya ini.

BACA JUGA:Bikin Kaget! Ternyata Piramida Dibangun Oleh Raksasa? Kaum Ad Zaman Kuno Jadi Buktinya

Menurut para astronom, exoplanet termasuk dalam daftar exoplanet yang gagal.

Alam semesta memiliki segala macam hal menarik mulai dari bintang yang berukuran lebih dari 2.000 kali matahari hingga lubang hitam supermasif yang dapat mengoyak benda langit.

Selama ini, pengetahuan paling masif yang dikenal tentang alam semesta adalah seputar yang ada di tata surya kita, tempat Bumi dan planet-planet lain berada.

Tetapi di luar tata surya, masih menyimpan banyak misteri terutama keberadaan planet-planet besar.

BACA JUGA:Apa? Ternyata Piramida Dibangun Oleh Kaum Ad, Sang Suku Raksasa Penunggu Daerah Yaman!

Di tata surya kita sendiri, planet terbesar adalah Jupiter. Planet raksasa gas ini memiliki berat lebih dari dua kali lipat berat semua planet lain di tata surya jika digabungkan.

Planet kelima dari Matahari memiliki radius 69.911 km, yang membuatnya kira-kira 11 kali lebih lebar dari 6.371 km Bumi. Jika Bumi seukuran uang koin, maka Jupiter akan sebesar bola sepak.

Dalam hal luas permukaan, Jupiter berukuran 61.418.738.571 km², dibandingkan dengan Bumi yang berukuran 510.064.472 km².