Aktivitas Gunung Dempo Meningkat, 2 Kali Erupsi dan 8 Kali Gempa Vulkanik Selama Juli 2023, Waspadalah!

Aktivitas Gunung Dempo Meningkat, 2 Kali Erupsi dan 8 Kali Gempa Vulkanik Selama Juli 2023, Waspadalah!

Gunung Dempo Pagar Alam Sumsel--

PAGARALAM, PAGARALAMPOS - Selama Bulan Juli 2023 menjadi periode aktif bagi Gunung Api Dempo di Sumatera Selatan, Indonesia, yang sudah mengalami dua kali erupsi dan delapan kali gempa vulkanik selama bulan ini.

Terakhir kali erupsi terjadi pada Selasa (25/7) malam sekitar pukul 21.15 WIB di puncak Gunung Dempo.

Meskipun terjadi erupsi, kondisi gunung masih dikatakan normal karena statusnya telah berada di Level 2 atau Waspada sejak tahun lalu.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Megian Nugraha, mengungkapkan bahwa status Waspada atau Level 2 baru diberlakukan dalam 1,5 tahun terakhir.

BACA JUGA:Breaking News, Gunung Api Dempo Erupsi, Status Level 2 Waspada!

Hal ini membuat kondisi Gunung Dempo hampir sama dengan Gunung Rinjani yang juga memiliki status Waspada dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Pos Pemantau Gunung Api Dempo di Kota Pagaralam, yang berada di bawah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mencatat bahwa selama satu bulan terakhir terjadi dua kali letusan atau erupsi di gunung tersebut.

Selain itu, ada pula delapan kali gempa vulkanik yang telah dilaporkan ke PVMBG Bandung, dan status gunung akan dievaluasi oleh pusat untuk menentukan apakah akan naik ke level yang lebih tinggi atau tetap di Level 2.


Gunung Dempo !--Instagram

BACA JUGA:Gunung Padang Salah Satu Situs Tertua di Indonesia yang Miliki 3 Ton Logam Mulia di Dalamnya

Meskipun statusnya masih di Level 2, setiap bulan selalu terjadi kejadian gempa vulkanik dan letusan hembusan di Gunung Dempo.

Oleh karena itu, pihak berwenang telah menghimbau para pendaki untuk menjauhi Kawah Merapi Dempo sekitar 1 KM karena kondisinya yang sangat berbahaya.

Untungnya, Gunung Api Dempo ini memiliki kawah merapi yang cukup dalam, sehingga jika terjadi erupsi di puncak Merapi atau puncak Dempo, serta pelataran Dempo, masih berada dalam zona aman.


Gunung Api Dempo-Ari-Pagaralampos.co

BACA JUGA:Berusia lebih dari 23 Ribu Tahun, Situs Gunung Padang di Temukan 3 Ton Logam Mulia Dan Hal Ini!

Sementara itu, pada awal tahun 2023, beberapa gunung api di Indonesia, termasuk Gunung Marapi di Sumatera Barat, Gunung Anak Krakatau, Gunung Ijen, dan Gunung Kerinci, mengalami erupsi dan aktivitas vulkanik meningkat.

Namun, sejauh ini, Gunung Dempo yang terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, masih berada di level II dengan status Waspada.

Megian juga menegaskan bahwa Gunung Dempo tidak memiliki keterkaitan atau dampak dengan erupsi gunung-gunung lain yang dekat atau ada di Pulau Sumatera, seperti Gunung Marapi di Sumbar dan Gunung Kerinci di Jambi. Saat ini, belum ada dampak apapun dari erupsi yang terjadi.

BACA JUGA:Berusia lebih dari 23 Ribu Tahun, Situs Gunung Padang di Temukan 3 Ton Logam Mulia Dan Hal Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: